Vihara Patung Seribu Objek Wisata Favorit Wisatawan Lokal Maupun Mancanegara

Tanjungpinang, NetKepri – Salah Satu tempat Destinasi Wisata di Provinsi Kepulauan Riau Kota Tanjungpinang yaitu Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva atau yang lebih dikenal dengan Vihara “Patung Seribu” merupakan objek wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Vihara ini terletak di Jalan Asia Afrika, Kilometer 13 arah Kijang Kota Tanjungpinang. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan hanya menempuh jarak 15 kilometer dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva merupakan tempat ibadah umat Buddha dan destinasi wisata religi. Akhir pekan, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke tempat ini.

Saat tiba di gerbang vihara, pengunjung akan disambut dengan bangunan besar dengan ornamen bangunan kuno khas Tiongkok berwarna abu-abu. Tepat didepan bangunan itu, terdapat satu patung Buddha yang besar.

Sedikit berjalan ke depan, pengunjung akan melihat sebuh lorong. Dari lorong ini, terlihat ratusan patung Buddha yang berjejer dengan rapi.

Banyak orang menyebut, patung-patung itu sebagai Arahat, dalam artian orang yang telah mencapai kesucian spiritual tinggi untuk mengikuti agama Buddha.

“Vihara patung seribu memang salah satu destinasi wisata yang ada di Kepulauan Riau. Bahkan tempat ini sebagai wisata favorit di Tanjungpinang,” ujar Kabid Destinasi Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Supriadi, Senin (6/11/2023).

Memang, jumlah patung di Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva tidak sampai seribu buah, hanya 580 patung saja. Namun, wisatawan tetap menilai, jumlah patung di Vihara tersebut mencapai 1000 buah.

Supriadi menyampaikan, Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva memang memiliki ciri khas yang indah. Jadi tidak heran lagi, vihara ini dapat menjadi tempat wisata favorit di Kepri.

“Vihara ini dibangun pada tahun 2023, dan selesai pada tahun 2014. Sementara, resmi dibuka untuk umum pada 2017 yang lalu. Sampai saat ini masih ramai dikunjungi wisatawan lokal, maupun mancanegara,” kata Supriadi.

Untuk berkunjung ke komplek Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva, wisatawan hanya mengeluarkan uang Senilai Rp.5 ribu untuk membeli tiket masuk.

“Kita hanya mengeluarkan Rp.5 ribu bisa menikmati tempat wisata sebagus ini. Tempat wisata ini buka dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peluncuran Program Gesa Buana dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Kabupaten Bintan

Galeri Foto – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau meluncurkan 2 (Dua) Program Kesehatan di Kabupaten ...