Program Aman Goes Kampus, BPOM Mulai Jajaki Ajak Kerjasama Perguruan Tinggi

Tanjungpinang, NetKepri – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi saat ini telah meluncurkan Program “Pangan Aman Goes to Campus” yang bertujuan mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui peningkatan kompetensi dan partisipasi mahasiswa di bidang keamanan pangan.

Akan hal tersebut, Kepala BPOM Tanjungpinang Rai Gunawan mengatakan program tersebut baru di inisiasi pada Tahun 2022 dengan bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Di kampus itu kan ada program merdeka belajar dan kampus merdeka itu bisa disinergikan dengan BPOM terhadap mahasiswa yang ingin menjadi fasilitator bersama menolong UMKM, jadi BPOM itu tempat mereka melaksanakan belajar,” ujarnya Kepada Media ini, Jumat (15/04)

Dijelaskannya, untuk di Provinsi Kepulauan Riau terkhusus Tanjungpinang saat ini belum ada yang bekerjasama karena program tersebut baru lounching pada Tahun ini.

“Untuk di Kepulauan Riau sendiri karena ini baru di lounching programnya, kurang lebih baru ada 13 kampus yang ada di seluruh Indonesia, tentu kami setelah lounching program ini kami akan menjajaki kampus-kampus yang di Tanjungpinang untuk melakukan kerjasama,” ujarnya.

Dengan ada program ini, ia berharap nantinya Mahasiswa yang ada di Kampus mendapatkan pengetahuan dari Mata Kuliah dan Jurusan yang kemudian Mahasiswa juga bisa mengembangkan Usaha dan bisa membantu para pelaku UMKM.

“Siapa tau nanti Mahasiswa juga tertarik jadi pelaku UMKM dalam bidang pangan,” terangnya.

Untuk di ketahui Program ini bertujuan sebagai salah satu terobosan dalam menyiapkan mahasiswa menjadi manusia yang relevan dengan kebutuhan zaman, siap mandiri serta berkarya untuk bangsa.

Program ini merupakan bentuk komitmen dan keberpihakan Badan POM terhadap Usaha Mikro dan Kecil (UMK) melalui pemberdayaan komunitas pendidikan sebagai pendamping UMK pangan olahan, sehingga produknya dapat memenuhi persyaratan keamanan pangan dan memperoleh izin edar Badan POM.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubernur Ansar Resmikan STAI Miftahul Ulum Resmi Jadi Institut

ADVETORIAl, NetKepri – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan Institut Agama Islam Miftahul Ulum ...