RSUD RAT Antisipasi Terjadinya Lonjakan Kasus Covid-19

Tanjungpinang, Netkepri – Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia secara Nasional terus meningkat sehingga untuk beberapa daerah terkhusus Rumah Sakit rujukan Pasien Corona perlu antisipasi.

Dalam hal Wadir Pelayanan Medik & Keperawatan RSUD Raja Ahmad Tabib, dr Asep Guntur Sapari, MARS mengatakan pihak sudah ada kontigensi yang merupakan rencana jika terjadi pasien COVID-19 bergejala lebih dari 20 orang.

“Kamikan sekarang menyiapkan 20 bet tempat tidur, kalau misalnya pasien lebih dari 15 atau 18 kami akan siapkan sayap sebelah kirinya ruang Melati, jadi kami ada ruang ICU COVID-19 itu di ruang mawar,” Jelasnya kepada Media ini, Senin (07/02)

Lebih lanjut, secara teknis jika terus bertambah pasien COVID-19 bergejala pihaknya juga akan menambah ruangan lain dan sudah direncanakan skenarionya jika terjadi.

“Mudah-mudahan tidak terjadi, jangan sampai ya, tapi yang paling terjelekpun sampai Rumah singgah kami pakai seperti dulu,” Katanya

Dikatakannya, untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah mencukupi karena ada tenaga pegawai BLUD dan nanti jika tidak mencukupi pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

“Kalau sudah dibuka Rumah singgah untuk pasien COVID-19 berarti sudah di atas 100, kami akan koordinasi dengan Dinkes untuk mobilisasi dari Puskesmas atau dari Rumah Sakit Sekitar, tapi mudah-mudahan tidak terjadi,” Ungkapnya

Untuk diketahui saat ini RSUD Raja Ahmad Tabib merawat 9 orang pasien COVID-19 dengan keluhan sedang keatas.

“Ada Pak, kami sekarang merawat ada 9 yang positif dengan keluhan,” Terangnya

Ia berpesan kepada masyarakat bahwa COVID-19 belum berakhir maka selalu taati Protokol Kesehatan karena semua itu harus menjadi bagian dari disiplin.

“Saya lihat dalam perjalanan ada yang mulai longgar maskernya, jikalau ada kontak dengan pasien positif segera periksakan diri,” Tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gesa Buana dan Posyandu Holistik Terintergrasi Layanan Primer Diluncurkan di Kabupaten Bintan

Advetorial, Bintan, NetKepri – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau meluncurkan dua program kesehatan di Kabupaten Bintan ...