Sardison Harap Kedepan Ada Penambahan Desa Mandiri di Kepri

Tanjungpinang, NetKepri – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Kepri, Sardison mengatakan ada satu Penambahan Desa Mandiri.

Hal ini dikatakannya saat dijumpai Media ini, Jumat (26/11).

“Kita mengharapkan kedepan selama lima tahun minimal ada satu penambahan satu desa satu Kabupaten untuk Desa Mandiri,” Ujarnya.

Lebih lanjut, dengan adanya Desa Mandiri dapat membantu meringankan tugas Pemerintah baik Kabupaten, Provinsi maupun pusat sebab Desa tersebut sudah bisa mengelola potensi untuk kemaslahatan masyarakatnya.

“Yang paling berat adalah kita ingin mencapai desa mandiri, dalam arti secara ekonomi, sosial, lingkungan kawasan mereka itu bisa mengatur dirinya,” Jelasnya.

Ia menjelaskan salah satu upaya adalah mengoptimalkan penempatan dana Desa karena salah satu untuk mendorong menstimulus supaya Desa-desa yang belum sempat membangun sekarang dia membangun.

“Makanya Dana Desa itu yang kita dorong supaya betul-betul perencanaannya benar, bermanfaat dan bisa nanti hasilnya dilihat,” tuturnya.

Desa Mandiri di dasari oleh Indeks Desa Membangun dengan parameter yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu indeks ketahanan lingkungan, indeks ketahanan sosial dan Indeks ketahanan ekonomi.

“Jadi ketiga Indeks tersebut diakumulasi menjadi Indeks Desa membangun, Mulai dari Desa sangat tertinggal, Desa tertinggal, Desa berkembang, Desa Maju dan Desa Mandiri,” Terangnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Budi Prasetyo : 8 Daerah Kepulauan Perlu Landasan Atas Kedaulatan Laut

Tanjungpinang (Netkepri.com) – Menelisik pertemuan antara Badan Kerjasama Kepulauan yang di inisiasi Pemprov Kepri mengenai ...