Jelang Pemilu 2024, KPU Persiapkan DPB Pembaharuan Data

Komisioner KPU Kepri, Widiono Agung

Tanjungpinang, Netkepri – Dalam perhelatan Pemilihan Umum serantak Tahun 2024 mendatang berbagai persiapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau.

Komisioner KPU Kepri, Widiono Agung mengatakan salah satu persiapannya adalah Daftar Pemilihan Berkelanjutan (DPB) untuk melakukan pembaharuan data pemilih.

“Jadi setiap bulan KPU Kabupaten Kota itu harus mencari data terkait dengan data pemilih , misalkan yang baru mendapatkan KTP atau pemilih baru atau yang lainnya,” Ujarnya kepada Media ini, Kamis (04/11).

Dikatakannya, KPU melakukan koordinasi dengan beberapa stakeholder untuk mencari beberapa pemilih baru supaya informasi mengenai data pemilih.

“Jadi nanti setiap tiga bulan sekali dia nanti akan melakukan Pleno terbuka dengan semua stakeholder seperti Bawaslu, Disdukcapil, Kesbangpol dan seterusnya, ” Katanya.

Kemudian, lanjutnya, KPU mempunyai program Desa Peduli Pemilu Pemilihan (DP3) untuk mengajari para kader dengan jumlah 25 orang setiap Kabupaten Kota dan yang sudah lounching Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Karimun untuk di Provinsi Kepri.

“Nanti mereka akan diajari pelatihan selama tiga kali berturut-turut dengan tujuan akan menjadi penerus KPU memberikan penjelasan kepada seluruh masyarakat menjelang 2024,” ungkapnya.

Diharapkan pada tahun 2022 seluruh Kabupaten Kota di Provinsi KepriKepri pada setiap Desa dan Kelurahan ada DP3 supaya menjadi kader sebagai perpanjangan KPU terkait dengan perkembangan Pemilihan.

“Paling tidak setiap Desa atau Kelurahan nanti ada DP3 yang dilatih nanti supaya jadi kader agar memberikan informasi ke masyarakat terkait perkembangan KPU,” Jelasnya.

Widiono menyampaikan saat ini KPU Provinsi juga sedang memperbaiki atau membenahi Rumah Pintar Pemilu (RPP)dengan tujuan supaya semua kalangan masyarakat tertarik untuk belajar tentang ilmu kepemiluan.

“Jadi RPP itu kita benahi tujuannya supaya orang tertarik yang mau belajar tentang kepemiluan misalnya akademisi atau masyarakat biasa mau belajar tentang kepemiluan itu diharapkan bisa datang ke KPU,” Tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Serentak Dilaksanakan, Pemprov Segera Vaksin Anak 6 Sampai 11 Tahun

Tanjungpinang, Netkepri – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kepri tengah ...