Harga Minya Goreng Tinggi, Rudi Sarankan Pemda Ajukan Operasi Pasar Sesuai HET ke Pusat

Tanjungpinang, NetKepri – Terkait melambungnya harga minyak Goreng yang membuat para rumah tangga semakin dan terlebih lagi ditengah sulitnya ekonomi di masa Pandemi saat ini.

Dalam hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau, Rudy Chua mengatakan dalam mengatasi hal tersebut, Pemerintah Daerah mesti melakukan operasi pasar untuk membantu masyarakat.

“Pusat sebenarnya sudah menyiapkan alokasi pasar jatah untuk melakukan operasi pasar dan apa yang dilakukan kita adalah segera mengajukan ke pusat untuk mendapatkan alokasi sesuai yang dibutuhkan,” Ujarnya kepada media ini, Senin (29/11).

Lebih lanjut, dalam rangka kenaikan minyak goreng ini Pemerintah Pusat menyediakan jumlah yang bisa diajukan oleh daerah.

“Operasi pasar itu dengan harga HET Pemerintah, kalau operasi pasar itu wajib HET, masalahnya seluruh Indonesia juga berebut ini, kalau mau medapatkan ini harus cepat dari Pemerintah Daerah untuk menyurati pusat terkait dengan kelangkaan minyak goreng ini,” Katanya.

Dikatakannya, Pemerintah sudah ada Harga Eceran Tertinggi (HET) terkait minyak goreng tetapi pada kenyataannya melenceng jauh dan yang diatur oleh Pemerintah adalah kemasan bantal 1 liter dengan HET Rp 11.000.

“Dilapangan soalnya kemasan yang satu liter itu yang seharusnya Rp 11 ribu malah sudah Rp 17 ribu sampai Rp 18 ribu, untuk mengatasi satu-satunya cara Pemerintah Daerah adalah Operasi Pasar,” Ungkapnya.

Rudy menambahkan Pemerintah Daerah bisa saja mensubsidi Rumah Tangga kurang mampu dan UMKM terkait minyak Goreng ini tetapi Pemda tidak ada pagu anggaran untuk hal tersebut.

“Dipusat itu katanya disiapkan sejumlah sesuaiĀ  kebutuhan yang ada didaerah dan itu perlu pengajuan, tetapi yang harus dilakukan adalah meminta alokasi jatah untuk Kepri agar secepatnya diluncurkan,” Tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Serentak Dilaksanakan, Pemprov Segera Vaksin Anak 6 Sampai 11 Tahun

Tanjungpinang, Netkepri – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kepri tengah ...