Gesa RUU Kepulauan Menjadi UU, Budi : Kita Akan Demonstrasi Hingga Ke Pusat

Tanjungpinang, Netkepri – Terkait Rancangan Undang-undang Kepulauan yang saat ini telah masuk dalam tahap program legislasi Nasional yang di canangkan oleh pihak DPD Ri sehingga hal ini perlu di gesa dan disahkan menjadi UU sehingga harapan kemajuan Provinsi yang berbasis Kepulauan akan berdampak besar terhadap pembangunan manusia dan pembangunan lainnya.

Salah satu Ketua organisasi Persatuan Pemuda Kepulauan Provinsi Kepulauan Riau Budi Prasetyo dalam pemaparannya menyampaikan akan menggelar aksi Demonstrasi hingga tahap Nasional.

“Terkait pengesahan RUU Kepulauan kita dari Persatuan Pemuda Kepulauan akan melakukan aksi demonstrasi sampai hal ini di dengar oleh pihak DPR RI, dan akan kita kawal sampai tahap pengesahan UU Kepulauan,” ungkap Budi Prasetyo (21/10).

Selanjutnya iya menjelaskan bahwa urgenitas mewujudkan kesejahteraan Masyarakat Provinsi yang berbasis Kepulauan ini harus adanya satu buah Payung hukum terhadap pengesahan RUU Kepulauan ini menjadi UU Kepulauan

“Koherensi dan sinergitas UU yang mewadahi gagasan memajukan daerah kepulauan. Konsepsi politik Nawacita yang menekankan “membangun Indonesia dari pinggiran” mensyaratkan terpenuhinya asas kepastian hukum pengelolaan dan penyelenggaraan pemerintahan di Daerah Kepulauan,” terangnya.

Dari sisi kualitas hidup, kesenjangan antara wilayah daratan dan kepulauan, secara jelas ditunjukkan data Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bahkan dari data BPS terbaru yang kami dapat kan menunjukkan angka bahwa provinsi kepulauan riau berada di puncak klasemen dengan angka 10,12 % tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia dan ini menjadi perseden buruk bagi Pemerintahan Gubernur saat ini.

“Hingga saat ini, peraturan perundang-undangan yang ada belum memberikan landasan bagi pengelolaan Daerah Kepulauan secara khusus, terutama menyangkut kewenangan, anggaran, yurisdiksi, dan peta jalan (road map) untuk mencapai sasaran sasaran strategis dalam mengelola daerahnya,” ungkapnya jelas.

Padahal dengan adanya konsepsi Indonesia sebagai poros maritim dunia dan kepulauan Riau dengan visi misi Gubernur saat ini pada point 1 dan 5 dengan 7 program unggulan pada point 6 dan 7 bukan tidak mungkin Kepualaun Riau jadi Poros maritim Indonesia, Padahal dengan konsepsi Indonesia sebagai poros maritim dunia sudah selayaknya melebarkan sayap dalam membangun negara berbasis kepulauan, jika Indonesia ingin menjadi poros maritim dunia maka Kepri akan menjadi poros maritim Indonesia

“Seharusnya pemerintah benar-benar serius menyoal permasalahan tersebut, bagi saya kenapa hal ini tidak segera di sahkan, karena tidak adanya gejolak yang terjadi di lapissan masyarakat bawah terkhusus 8 provinsi yang berbasis kepulauan, dan hal inilah yang akan kita lakukan sebagai masyarakat yang lahir dan besar di Kepri,” Jelas Budi.(Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Serentak Dilaksanakan, Pemprov Segera Vaksin Anak 6 Sampai 11 Tahun

Tanjungpinang, Netkepri – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kepri tengah ...