Anggota DPRD ini Tanggapi Angka Pengangguran Tinggi di Kepri

Anggota DPRD Kepri, Onward Siahaan

Tanjungpinang, NetKepri – Anggota DPRD Provinsi Kepri, Onward Siahaan mengaku sangat prihatin jika memang pengangguran di Kepulauan Riau tertinggi Se Indonesia.

“Tentu kita sedih kalau dibilang bahwa angka Pengangguran di Kepri tertinggi,” ujarnya saat ditemui Media ini, Senin (11/10).

Diakuinya, Kondisi pandemi Covid-19 yang melanda membuat sektor turun sehingga Penduduk di Provinsi Kepulauan Riau adalah yang terbanyak di Kota Batam dan membuat sektor industri serta jasa sangat dominan.

“Maka pandemi ini menghantam sektor itu, kalau ada kenaikan angka Pengangguran menjadi logis karena pandemi tetapi kita tidak boleh menyerah,” sambungnya.

Lebih lanjut, walaupun berkorelasi antara pandemi dengan Pengangguran, Pemerintah mesti hadir ditengah-tengah masyarakat, maka Onward meminta semua Kabupaten Kota memprioritaskan belanja APBD kepada sektor yang menggerakkan perekonomian rakyat.

“Supaya pengangguran ini bekerja, jadi uang itu bisa digelontorkan ke masyarakat,” katanya.

Pria yang merupakan kader partai Gerindra ini menyampaikan seharusnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam hal ini Gubernur mesti mencontoh Pemerintah Pusat seperti memberikan Bantuan stimulus kepada para UMKM.

“Kami dari Fraksi Gerindra pernah mengusulkan, Kalau dari pusat kan ada Banres (Bantuan Presiden) Rp 1,2 Juta untuk UMKM, seharusnya Gubernur harus terpikir bagaimana membuat bentuk seperti itu, misalnya Bangun (Bantuan Gubernur) bentuknya meniru dari pusat,” terangnya.

Ia berharap Pemerintah mesti ada upaya untuk mengatasi Pandemi yang berefek pengangguran membludak maka perlu Pelatihan Kerja kepada pencari kerja.

“Bagaimana membuat mereka siap untuk kerja, karena tingkat persaingan tinggi benahi mereka dengan pelatihan, apa yang dibutuhkan dunia usaha,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HUT PGRI ke 76, PGRI Kecamatan Lingga Gelar Bimtek PTK

Lingga, Netkepri – Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Lingga mengelar Bimtek pemantapan ...