Karang Taruna Kepri di Caretaker PNKT, Budhy Setiawan : Temu Karya Segera Digelar

Caretaker Karang Taruna Provinsi Kepulauan Riau, Ir. Budhy Setiawan, M.Si yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Partai Golkar

Tanjungpinang, Netkepri – Karang Taruna Provinsi Kepulauan Riau sudah dicaretaker oleh Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) sesuai diatur pasal 17 Anggaran Rumah Tangga (ART) Karang Taruna, karena masa kepengurusannya sudah berakhir.

Wakil Ketua Umum PNKT yang ditunjuk sebagai Caretaker Karang Taruna Provinsi Kepulauan Riau, Ir. Budhy Setiawan, M.Si yang juga Anggota DPR RI menegaskan, bahwa mekanisme dan tatakelola Organisasi Karang Taruna secara nasional sejak Temu Karya Nasional VIII Tahun 2020 sudah memiliki AD/ART sendiri.

“Dalam pasal 17 ART, disebutkan bahwa jika kepengurusan Karang Taruna sudah berakhir, maka setingkat lebih tinggi membentuk Karetaker, yang tugasnya melaksanakan Temu Karya dan konsolidasi organisasi. Artinya tugas menggelar Temu Karya oleh kepengurusan lama yang dipimpin Said M Idris tidak lagi memiliki landasan hukum yang kuat, sehingga harus di Caretaker,” Kata Budhy Setiawan.

Budhy pun menegaskan bahwa dalam upaya konsolidasi organisasi dan mengaktifkan kembali kepengurusan Karang Taruna Provinsi Kepri, dirinya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri melalui Sekdaprov.

“Saya dan Sekjen PNKT sudah berjumpa dengan Sekdaprov Kepri dan menyerahkan SK Karetaker nomor 003/Kep/PNKT/CAR/Kep.Riau/VII/2021. Alhamdulillah beliau merespon baik dan menyampaikan sesuai arahan pimpinan agar segera digelar Temu Karya Karang Taruna Kepri,” ujar Budhy.

Selain menemui Sekdaprov Kepri, Lamidi, dirinya juga telah bertemu Ketua Karang Taruna Kota Batam dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Bintan di Batam, Selasa (7/9) untuk konsolidasi organisasi dan agenda Temu Karya.

“Terkait Panitia, Saya sudah mendapatkan nama-nama untuk di SK-kan. Dan Saya menugaskan Saudara Naskar Wandi sebagai Ketua Panitia Temu Karya. Nanti beliau yang akan berkoordinasi dengan Ketua Kabupaten/ Kota dan menyiapkan semua kebutuhan dan agenda Temu Karya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panpel Naskar Wandi, ST saat dikonfirmasi mengiyakan terkait ditunjuknya beliau sebagai Ketua Organizing Commite Temu Karya.

“Nanti Kami akan melaporkan setiap rangkaian persiapan kepada Pembina Fungsional yakni Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri untuk membantu memfasilitasi mengundang Ketua Karang Taruna Kabupaten/ Kota sebagai pemilik suara membahas agenda besar ini dan sekaligus bersilaturrahmi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. InsyaAllah dalam waktu dekat,” kata Naskar.

“Bahkan saat Temu Karya nanti, lanjut Naskar Wandi, panitia akan melakukan sosialisasi AD dan ART baru Karang Taruna yang menjadi pedoman kerja organisasi sosial ini. Sebab, Permensos nomor 77 Tahun 2010 tentang Karang Taruna dan Permensos nomor 23 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna yang selama ini menjadi pedoman organisasi tidak berlaku lagi, sejak terbitnya Permensos Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna,” tutup Wandi. (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BPJS Luncurkan Aplikasi Mobile JKN, Permudah Masyarakat Dalam Pengurusan

Tanjungpinang, NetKepri – Di masa era Pandemi saat ini yang sedang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ...