Pemprov Kepri Ajukan Bantuan 250 Tabung Oksigen Ke Singapura

Kadinkes Kepri, M.Bisri

Tanjungpinang, NetKepri – Melonjaknya Kasus Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau maka perlu adanya antisipasi mengenai peralatan medis salah satunya tabung Gas Oksigen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, M Bisri kepada media ini mengungkapkan Pemerintah Provinsi Kepri telah mengajukan bantuan kepada Singapura untuk 250 tabung.

“Masih cukup, jadi yang harus dipikirkan kalau melonjak lagi jadi harus diantisipasi, yang masalah itu tabung yang terbatas, Tabung Regulator itu yang harus diadakan, jadi kita akan mengajukan bantuan ke Singapura, mereka ingin membantu memang, kita ajukan 250 Tabung,” terangnya.

Bisri menjelaskan antisipasi tabung 250 tersebut untuk Kabupaten Kota yang melonjak seperti Batam, Tanjungpinang dan Bintan.

“Pada terjadi kenaikan keseluruhan itu realitanya ya kita hadapi, tetapi kemampuan kita terbatas mesti ada kesadaran masyarakat jadi tidak bisa menumpukan semua, masyarakat harus berperan sebelum terjadi supaya tidak sakit, harus hati-hati Ikhtiar, ” ungkapnya.

Sementara untuk diketahui dikutip dari Kemenlu.go.id, Pemerintah Singapura memberikan bantuan bagi penanganan COVID-19 di Indonesia yang diberikan Jumat (09/07/2021) terdiri dari peralatan kesehatan seperti ventilator, oxygen concentrator, tabung oksigen, serta masker medis serta alat pelindung diri.

Bantuan penanganan Covid-19 ini ditujukan kepada Kemenkes RI, Kemenhan RI, dan Mabes TNI. Pada tahap pertama dikirimkan sebanyak 200 ventilator, 250 tabung oksigen kosong, 30 oxygen concentrator, serta peralatan medis dengan menggunakan 2 (dua) pesawat C-130 milik RSAF (Angkatan Udara Singapura). Sisa bantuan lainnya akan dikirimkan menggunakan Kapal Angkatan Laut Singapura (RSN) pada 11 Juli 2021 dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Menlu Vivian menyampaikan bahwa Singapura sebagai negara tetangga terdekat Indonesia akan terus mendukung dan membantu Indonesia dalam situasi sulit seperti saat ini.

Dubes Suryo Pratomo menyatakan, dalam situasi yang sulit di mana peningkatan kasus yang begitu tinggi, yang paling dibutuhkan adalah sahabat sejati.

“Singapura menunjukkan sebagai sahabat sejati bagi Indonesia. Bukan hanya Pemerintah Singapura yang begitu cepat memberikan bantuan, tetapi juga perusahaan serta masyarakat Singapura yang terpanggil untuk memberikan bantuan bagi penanganan Covid-19 di Indonesia,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BPJN Kepri Prioritaskan Usulan Pembangunan Trotoar di Dabo Singkep

Lingga, Netkepri – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepulauan Riau,  Ir. Faizal M.Si, didampingi Dinas ...