Warga Kampung Bugis Gelar Penanaman Bibit Mangrove


Tanjungpinang, Netkepri – Masyarakat kelurahan Kampung Bugis melakukan penanaman bibit mangrove di wilayah pesisir Madong, Tanjung Lanjut, dan Sei Ladi, Selasa (18/5/2021).

Kegiatan ini merupakan hari ke dua dari estimasi 14 hari penanaman magrove yang dilakukan warga di tiga wilayah tersebut dengan luas keseluruhannya 21 hektar (Ha) meliputi wilayah Madong 8 Ha, Sei Ladi 7 Ha, dan Tanjung Lanjut 6 Ha.

Lurah Kampung Bugis, Rio Reynaldy mengatakan kegiatan ini merupakan pelaksanaan di tahun kedua yang masuk Kampung Bugis. Tahun lalu, tidak besar hanya 2 Ha untuk wilayah Sei Ladi.

Sebelumnya, wilayah program kampung iklim (Proklim) Sei Ladi mendapatkan predikat tingkat nasional, karenanya menjadi perhatian khusus dari pemerintah pusat melalui BPDAS.

Menurut informasi kawan-kawan di BPDAS, ada program pemulihan ekonomi nasional melalui kegiatan penanaman mangrove. Informasi ini saya sampaikan dan jelaskan programnya kepada ketua proklim.

“Alhamdulillah, sesuai kewilayahan ada tiga lokasi yang ikut program ini yaitu Madong, Tanjung Lanjut dan Sei Ladi,” ucap Rio.

Rio mengatakan, hingga saat ini, semua RW di kelurahan Kampung Bugis sudah masuk proklim dengan kategori nomor satu tingkat nasional. Kegiatan penanaman bibit magrove ini dilaksanakan langsung oleh masyarakat, mulai dari mencari propagul, kayu ajer dan kayu pancang hingga penanaman.

“Ada tiga kelompok proklim yang melakukan penanaman yaitu prokilm Sumari di wilayah Madong, prokilm Asri Sei Ladi di Sei Ladi dan proklim Sri Tanjung di Tanjung Lanjut,” jelasnya.

Setelah lima hari lebaran, warga sudah mulai melakukan penanaman bibi magrove. Setidaknya sekitar 70 ribu bibit magrove yang akan ditanam di tiga lokasi tersebut.

“Saya mendukung program ini. Selain untuk pemulihan ekonomi, program ini juga menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. Semoga kita semua bisa menjaga lingkungan dan kedepan program ini busa terus berlanjut,” tutur Rio. (Hum/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HUT PGRI ke 76, PGRI Kecamatan Lingga Gelar Bimtek PTK

Lingga, Netkepri – Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Lingga mengelar Bimtek pemantapan ...