Zona IntegritS WBK WBBM, BKKBN Kepri Bangun 6 Area Perubahan

Tanjungpinang, NetKepri – Berbagai Inovasi serta kreativitas oleh BKKBN Kepri untuk Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi ( WBK )/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Mediheryanto mengatakan dalam pembangunan 2 zona tersebut terlebih dahulu membangun Sumber Daya Manusia yang berintegritas.

“Integritas itukan mulai dari konsisten dan dari apa yang dia pikirkan, apa yang dia rasakan kemudian mematuhi segala peraturan perundang-undangan,”ucapnya kepada NetKepri.com melalui sambungan handphone,” ujarnya.

Dijelaskannya, Integritas itu juga tidak melakukan Korupsi sekecil apapun itu bentuknya karena sanksi tegas menanti kepada para pegawai siapapun yang melanggarnya.

“Makanya ini kita membangun komitmen bersama diawal, mulai dari komitmen pimpinan atau saya dan komitmen seluruh pegawai yang ada di BKKBN Kepri,” katanya.

Masih kata Medi, contoh korupsi kecil adalah waktu atau jam kerja juga bisa dikorupsi seperti datang terlambat dan pulang cepat.

“Kan artinya jam kerjanya berkurang, 1 hari itukan 8 jam, jadi kalau terlambat setengah jam berarti hanya 7 jam setengah, nah itu korupsi waktupun ada sanksinya, Kitakan ada Tunjangan kinerja bagi pegawai yang terlambat akan dipotong itu,” jelasnya.

Kemudian, membangun sistem kerja yang efektif dan efisien lebih cepat dari biasanya dalam rangka memberikan pelayanan dengan artian memangkas birokrasi.

“Jadi untuk melayani internal BKKBN sendiri dan juga melayani mitra BKKBN sendiri serta melayani masyarakat,” ungkapnya.

Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi ( WBK )/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM ) dilakukan melalui 6 area perubahan.

6 area perubahan tersebut : 1. manajemen perubahan. 2. penguatan ketatalaksanaan. 3. penataan manajemen SDM. 4. penguatan akuntabilitas kinerja. 5. penguatan pengawasan. 6. peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Untuk mendapatkan predikat ZIWBK maka lembaga pemerintah harus melakukan perubahan di 6 area tersebut,” tuturnya. (Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BAZNAS KEPRI Salurkan Paket Idul Fitri Kepada Lansia, Duafa Yatim dan Imam Masjid

Tanjungpinang, Netkepri -Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepri salurkan 100 paket Idulfitri kepada 100 ...