Terima Kunjungan Kerja Kakanwil Kumham Kepri, Daeng Amhar Harapkan Aspirasi Masyarakat Natuna Dapat Segera Diwujudkan

Ranai, Netkepri – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Husni Thamrin didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Darsyad serta Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai Gelora Nusantara lakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Natuna. (06/04).

Rombongan diterima langsung oleh ketua DPRD Natuna Daeng Amhar diruang kerjanya. Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua I DPRD Daeng Ganda Rahmatullah, Wakil Ketua II Jarmin Siddik dan sejumlah anggota DPRD lainnya.

Selain dalam rangka silaturrahmi kunjungan ini juga membahas berbagai hal terutama terkait peningkatan sinergitas tugas dan fungsi antar lembaga/ institusi guna mendukung kinerja kedua lembaga/institusi.

Kakanwil dalam kesempatan tersebut menyampaikan perihal permohonan harmonisasi Peraturan Daerah (Perda) yang telah diselesaikan,

“9 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) telah diselesaikan dan sudah diserahkan sesuai kebutuhan Pemda Natuna”, katanya.

Beliau juga menjelaskan kembali tentang rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Natuna.

“beberapa waktu lalu Bupati Natuna telah mengajukan pembangunan Lapas di Kabupaten Natuna kepada Kementerian Hukum dan HAM melalui Kanwil Kemenkumham Kepri dengan penyediaan lahan seluas 10 ha, terkait hal ini saya akan kembali mengajukan permohonan tersebut ke pusat, mengingat Lapas ini sangat dibutuhkan sekali oleh masyarakat Natuna,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan sebelumnya rencana pembangunan Lapas sudah ia sampaikan kepada Menkumham namun hal ini terkendala karena munculnya pandemi covid-19 sehingga pemerintah pusat menunda rencana tersebut.

“saya yakin insyaallah usai pandemi ini berakhir pembangunan Lapas natuna akan jadi prioritas Kemenkumham,” sebutnya.

Dilain hal menyikapi tentang keberadaan tahanan Vietnam dan Thailand terkait kasus illegal fishing yang bebas berkeliaran sehingga menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat, ia menyebutkan bahwa hal tersebut sudah diupayakan oleh Imigrasi dengan rencana mendeportasi namun hal ini terkendala masalah biaya transportasi.

“pada intinya imigrasi siap untuk melayani urusan administrasi namun upaya pendeportasian WNA ini terkendala oleh biaya transportasi ke negara tujuan,” bebernya.

Sementara itu menanggapi apa yang disampaikan oleh Kakanwil, ketua DPRD Natuna Daeng Amhar mengatakan dirinya mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh jajaran Kanwil Kepri.

“sinergitas yang telah terjalin selama ini seperti pembentukan Raperda , Hak kekayaan Intelektual serta kerjasama lainnya sangat membantu pembangunan kabupaten natuna untuk lebih maju lagi dan harapan kami sebagai wakil rakyat yang membawa aspirasi-aspirasi dari masyarakat Natuna tentunya sangat berharap Kemenkumham akan segera merealisasikan pembangunan Lapas Natuna mengingat jarak yang begitu jauh untuk membesuk keluarganya yang ditahan di Lapas/Rutan sehingga masyarakat Natuna sangat kesulitan untuk menyikapi hal ini terutama terkait biaya dan waktu,” tuturnya.

Ia juga berharap dengan kehadiran Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Husni Thamrin dan rombongan sinergitas akan terus terjaga dan semakin ditingkatkan.

“terima kasih saya sampaikan kepada bapak Kakanwil dan rombongan telah hadir di kantor DPRD Natuna ini, semoga kedepannya sinergitas ini akan terus terjaga dengan baik dan semakin ditingkatkan untuk kemajuan Kabupaten Natuna,” pungkasnya. (Red).

Sumber : https://kepri.kemenkumham.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubernur Perpanjang Masa Kerja Ir. Lamidi Sebagai Pj. Sekdaprov Kepri

Tanjungpinang, Netkepri – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melantik untuk memperpanjang masa kerja Ir. ...