Lakukan Pengawasan Coklit Perdana Di Pulau Penyengat, Ini Kata Ketua Bawaslu Tanjungpinang

Tanjungpinang,NetKepri.com – Bawaslu Kota Tanjungpinang bersama Bawaslu Kepri, Panwascam dan Pengawas Kelurahan lakukan pengawasan perdana dihari pertama kegiatan Coklit yang dilakukan oleh PPDP dari rumah ke rumah di Pulau Penyengat Inderasakti, Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Rabu (15/07).

Di pulau bersejarah tersebut, Bawaslu turun ke lapangan untuk memastikan PPDP telah mulai bekerja melakukan Coklit ke masyarakat.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menjelaskan bahwa pengawasan ini juga untuk memastikan bahwa PPDP melakukan Coklit sesuai aturan. Serta memastikan jajaran pengawasnya melakukan pengawasan secara intensif.

“PPDP mencoklit, Pengawas Mengawasi adalah sinergitas komitmen agar mampu menghasilkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang valid dan bersih, guna menciptakan Pilkada yang berkualitas dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020”, ucap Zaini yang juga Kordiv. Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga.

Zaini juga menghimbau masyarakat untuk turut berpartisipasi, dengan 4 gerakan “Ayo Awasi Coklit”, yaitu ayo jaga hak pilihmu, ayo ikuti prosedur Coklit dirumah, ayo awasi prosesnya, ayo laporkan ke Pengawas jika terjadi pelanggaran.

“Jika partisipasi masyarakat terbangun, maka akan tercipta pesta demokrasi yang berkualitas”, tutur Zaini

Dari perspektif Bawaslu, ada sejumlah fokus pengawasan Coklit yang menjadi konsentrasi jajaran pengawas terhadap kerja PPDP, yaitu harus akurat sehingga tidak ada kesalahan informasi dalam penulisan, mutakhir dengan menyusun daftar pemilih berdasarkan informasi terbaru, memuat pemilih yang memenuhi syarat dan mencoret yang tidak memenuhi syarat, menyampaikan informasi dan menerima masukan publik.

“Setiap temuan dari jajaran pengawas atau warga, akan diberikan masukan perbaikan kepada PPDP, yang merupakan ujung tombak KPU dalam pemutakhiran daftar pemilih”, pungkas Zaini

Hadir dalam pengawasan, Anggota Bawaslu Kepri Idris beserta staf, Ketua, Anggota dan Korsek Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, Maryamah, Novira, Mukhlis beserta staf, Ketua dan Anggota Panwascam dan Kasek Tanjungpinang Barat Yuliardi, Hendra, Khairi, Siti Umi Muslimah serta Pengawas Kelurahan Penyengat.

Serta tampak anggota KPU Kota Tanjungpinang M. Yusuf dengan jajarannya PPK, PPS dan PPDP. Selama proses Coklit berlangsung, terlihat sinergitas dan kekompakan kedua lembaga penyelenggara Pilkada tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pjs Gubernur Siap Pilkada Sehat Di Kepri

Tanjungpinang, NetKepri.com – Penjabat Sementara Gubernur Bahtiar mendapat pesan khusus dalam menjalankan tugasnya di Kepri. ...