Sukseskan Pilkada 2020, Bawaslu Tanjungpinang Lakukan Kunjungan Dengan Pemko

Tanjungpinang, NetKepri.com – Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020 yang digelar 9 Desember, Bawaslu Kota Tanjungpinang melakukan kunjungan silaturahim dan koordinasi dengan Plt Walikota Tanjungpinang, di Kantor Walikota, Selasa (16/06/2020).

Dalam hal ini, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini mengatakan bahwa kunjungan tersebut guna memperkuat sinergitas dan kerjasama kelembagaan untuk menciptakan Pilkada yang aman, kondusif, berkualitas dan demokratis.

“Sinergitas kelembagaan dengan semua pihak, baik Pemko, FKPD, Partai Politik, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan Pengawasan Pilgub 2020 yang demokratis”, ucapnya

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini,M.Kom.I bersama Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang Maryamah,M.Pd.I, Novira Damayanti,SE, Koordinator Sekretariat Mukhlis,SE dan unsur sekretariat Asri Sandy, Mirwan, dan Norima.

Pertemuan tersebut disambut langsung oleh Plt. Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.I.P, dan Sekretaris Daerah Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si

Silaturahim dan koordinasi yang berlangsung hangat tersebut, diawali dengan penyerahan Piagam penghargaan dari Walikota Tanjungpinang kepada Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang atas dedikasi Bawaslu Kota Tanjungpinang dalam melaksanakan pengawasan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif Tahun 2019 di Kota Tanjungpinang.

Demikian pula Bawaslu Kota Tanjungpinang menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Walikota Tanjungpinang Partisipasi dan Kerjasamanya dalam Meyukseskan Pelaksanaan Pemilu 2019, dan tidak ketinggalan, memberikan buku karya Bawaslu Kota Tanjungpinang yang berjudul “500 Pantun Pemilu; Pemilu Santun Lewat Pantun”.

Selanjutnya Bawaslu Tanjungpinang menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Plt. Walikota Tanjungpinang dalam memimpin Kota Tanjungpinang.

“Semoga diberikan kekuatan dalam melaksanakan tugas. Sekaligus ucapan belasungkawa Bawaslu atas wafatnya Walikota Tanjungpinang Syahrul S.Pd, yang kerap disapa Ayah dan menjadi pemimpin teladan bagi semua.

“Semoga Allah Swt terima amal ibadahnya, dan diampuni segala kesalahnnya”, katanya

Meskipun saat ini dikatakannya hanya menyelenggarakan Pilgub dan tidak ada Pilwako karena telah dilaksanakan pada 2018 lalu, Bawaslu Kota Tanjungpinang siap bergandengan tangan dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam mensukseskan Pilkada yang aman, kondusif, berintegritas dan demokratis.

Bawaslu juga memaparkan kasiapan mengawasi Pilkada dalam suasana Pendemi Covid-19, pasca kesepakatan Mendagri, Komisi II DPR RI, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI untuk melanjutkan Pilkada yang sempat tertunda karena dampak pandemi Covid-19, dengan tahapan lanjutan dimulai 15 Juni.

“Insya Allah Bawaslu siap mengawasi Pilgub di ibu Kota Kepri tercinta, semoga kita semua diberikan perlindungan dan kesehatan dalam suasana wabah virus Corona ini”, harap Zaini.

Dalam kesempatan tersebut, Bawaslu juga melaksanakan tugas dan fungsi kelembagaannya, dengan mengedepankan pencegahan terhadap berbagai potensi kerawanan Pilkada.

Diantaranya, dengan menghimbau kepada Walikota agar Pemko tidak membuat kebijakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon dalam pesta demokrasi ini, tidak mempolitisasi bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 untuk kepentingan pihak tertentu, serta menghimbau agar jajarannya untuk menjaga netralitas ASN, dan tidak melakukan mutasi atau melantik pejabat 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon kecuali ada izin tertulis Mendagri atau sesuai ketentuan yang berlaku, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota.

Walikota Tanjungpinang juga menyambut baik dan apresiasi yang tinggi kepada Bawaslu Kota Tanjungpinang yang berkunjung silaturahim, berkoordinasi serta telah mengawal pesta demokrasi di Kota Tanjungpinang secara baik. Hj. Rahma menyampaikan siap untuk bersinergi dengan Bawaslu dalam mensukseskan Pilkada yang aman, kondusif dan berintegritas. Serta menyampaikan agar tidak segan-segan untuk selalu berkoordinasi demi suksesnya Pilgub dan kebaikan bersama. Rahma juga mengungkapkan rasa kehilangannya dari sosok Ayah Walikota Tanjungpinang.

“Terima kasih atas kunjungan silaturahim dan doa Bawaslu Kota Tanjungpinang, kita perkuat koordinasi dan sinergitas demi suksesnya Pilkada yang demokratis”, ungkap Rahma

(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bazar Kadin Di MTQ Kepri, Alfan Suheiri: Kita Dorong Ekonomi Masyarakat

Tanjungpinang, NetKepri.com – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepri Alfan Suheiri mengatakan dengan ...