Bawaslu Kepri Himbau Kepala Daerah Untuk Tidak Manfaatkan Wabah Covid-19 Dengan Kepentingan Politik

(Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Rosnawati saat diwawancarai NetKepri.com.  Foto RUDI PRASTIO)

 

Tanjungpinang,NetKepri.com – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau Rosnawati menyebutkan bahwa Pilkada yang akan dilaksanakan pada Desember 2020 yang akan datang membutuhkan persiapan yang matang.

“Supaya pelaksanaan demokrasi ataupun Pilkada 2020 nanti berjalan dengan sesuai dengan tujuan yang diharapkan,”ucap Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Rosnawati Kepada media ini beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan Bawaslu Provinsi Kepri sebagai lembaga pengawas pemilu akan mempersiapkan serta memperkuat Bawaslu Kabupaten Kota sehingga dapat melakukan pengawasan dan mengawal proses pilkada 2020 nanti.

“Bawaslu akan memastikan bahwa semua tahapan yang sudah ditetapkan oleh KPU nantinya itu sudah sesuai prosedur atau tidak itu yang nantinya kita pastikan ,”ungkapnya

Lanjutnya, terkait dengan kondisi darurat Covid-19 ini tidak menjadi penghalang bagi Bawaslu untuk tetap melakukan kegiatan yang mungkin hanya sistemnya saja yang berbeda.

“Dimana sebelumnya menggunakan sistem tatap muka dalam melakukan penguatan kapasitas kepada kabupaten kota akan tetapi saat menggunakan sistem Daring,”jelasnya

Dalam hal lain juga selaku Bawaslu menghadapi situasi darurat Covid-19 maka selaku lembaga pengawasan tentunya tetap mengantisipasi atau melakukan upaya pencegahan dengan menyurati pemerintah kepala daerah.

“Agar kondisi wabah Covid-19 ini tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang nanti akan menjadi calon serta akan berkonstetasi dalam pilkada 2020 dengan kepentingan politik,”tuturnya.

Maka dari itu salah satu pencegahan dengan menyurati kepada Kepala daerah dalam bentuk himbauan untuk tidak melakukan hal-hal ataupun memanfaatkan kondisi Covid-19 ini dengan kepentingan politik.

“Dan ini juga sudah kita sampaikan kepada Bawaslu Kabupaten Kota untuk melakukan hal yang sama dengan himbauan kepada pemerintah daerah setempat,”paparnya

(RUDI PRASTIO)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Jadi Provinsi Kepri Ke-18, Berikut Sambutan Isdianto

Tanjungpinang, NetKepri.com – Gubernur Kepri H. isdianto menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ...