Bahas Ketersediaan Air Bersih, DPRD Rapat Bersama PDAM

Tanjungpinang, Netkepri – DPRD Kepri menggelar audiensi bersama PDAM Tirta Kepri di ruang rapat, Rabu (13/5).

Pada pertemuan tersebut, DPRD mempertanyakan ketersediaan air bersih yang menjadi sumber kebutuhan masyarakat. hampir setiap tahun suplai air bersih ke masyarakat di Pulau Bintan selalu macet dan bermasalah dan diperparah dengan kondisi dua waduk PDAM Tirta Kepri Sungai Pulai dan waduk Gesek yang saat ini mengering dan memprihatinkan.

Lis Darmansyah, Anggota Komisi III yang ikut hadir dalam audiensi tersebut meminta kepada Pemerintah Provinsi segera mengambil langkah strategis untuk mengantisipasi persoalan air bersih ini berlarut.

“Saat ini sedang kritis air bersih, jika tidak diantisipasi secepatnya, maka akan meningkat statusnya menjadi krisis air bersih di Pulau Bintan. Tentunya kita berharap hal ini tidak terjadi, maka komitmen Pemerintah Daerah harus lebih serius karena menyangkut pelayanan dasar,” ungkapnya.

Berkaca hasil kajian sumber daya air di Pulau Bintan, sebenarnya sumber air baku permukaan masih potensial. Maka itu dibutuhkan keseriusan pemangku kebijakan untuk menyelesaikan persoalan ketersediaan air bersih di wilayah ini.

“Pusat sebenarnya sudah berusaha membantu melalui Balai Wilayah Sungai Kementerian PU. Saat itu, mereka menyiapkan waduk Kawal. Namun tidak berjalan optimal karena Pemerintah Provinsi Kepri malah pasif dan tidak menyiapkan langkah-langkah selanjutnya dalam optimalisasi waduk tersebut,” tegasnya.

Selanjutnya, mengenai daftar tunggu yang sudah bertahun belum terpenuhi sehingga masih banyak yang belum mendapatkan aliran air bersih.

“Sementara, daftar tunggu di PDAM, kian hari kian bertambah bahkan sudah bertahun tahun, Namun belum dapat direalisasikan,” ucapnya.

Direktur PDAM Tirta Kepri Mamat, pada pertemuan tersebut mengungkapkan pentingnya perluasan dan pendalaman waduk untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan air dikedepannya.

“Dan yang tak kalah penting adalah catchment area (daerah tangkapan air) agar di kembalikan fungsinya,” ujarnya.

Dari Balai Wilayah Sungai Sumatera IV, Agus Basatua mengatakan pihaknya akan segera memperbaiki sungai Pulai. Langkah yang akan di uapayakan adalah melakukan pendalaman di sekitar sungai, harapannya kapasitas air bersih di Sungai Pulai dan Gesek dapat berjalan normal. (*).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Jadi Provinsi Kepri Ke-18, Berikut Sambutan Isdianto

Tanjungpinang, NetKepri.com – Gubernur Kepri H. isdianto menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ...