Tiga UPT Kanwil Kemenkumham Kepri Lakukan Pencanangan Zona Integritas Dan Deklarasi Janji Kinerja

Bintan,NetKepri.com – Tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Riau melakukan penandatanganan Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM) serta deklarasi janji kinerja di Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang, Senin, (10/02/2020).

Ketiga UPT tersebut adalah Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang, Lapas Kelas II A Tanjungpinang, Rupbasan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Riau Agus Widjaja menyampaikan reformasi birokrasi merupakan langkah awal mendukung program Pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelanggaran organisasi Kementerian Hukum dan HAM yang baik, Efektif, dan efisien.

“Sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional dalam mewujudkan good govermance dan clean government menuju aparatur yang bersih dan bebas dari KKN,” ucapnya

Sehingga dari itu semua, tambahnya dapat meningkatnya pelayanan prima serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kerja. Dalam perjalanannya, terdapat kendala yang dihadapi.

“Penyalahgunaan wewenang, praktik KKN, diskriminasi dan lemahnya pengawasan,” ujarnya

Agus menuturkan guna menghilangkan prilaku penyimpangan anggota tersebut telah dilakukan langkah strategis melalui pembangunan Zona Integritas menuju WBK dengan penetapan satker untuk diusulkan WBK/ WBBM.

“Tetapi dalam perkembangannya satker yang diusulkan belum banyak yang memenuhi standart penilaian minimal,” katanya

Penetapan Satker sebagai WBK dikatakannya dimaksudkan sebagai kompetisi dan menjadi area percontohan penerapan pelaksanaan reformasi birokrasi melalui pembangunan zona integritas.

“menerapkan instrumen zona integritas yang meliputi 6 area perubahan bidang manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan penguatan kualitas pelayana publik,” jelasnya

Dikesempatan ia berharap ketiga UPT tersebut beserta jajarannya dapat bekerja keras untuk dapat memperoleh predikat WBK dan WBBM.

(RUDI PRASTIO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Syamsul Pastikan Protokol Kesehatan Kawasan Industri Diperketat

Batam, NetKepri.com – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum memastikan penerapan protokol kesehatan ...