Rudi Sampaikan Keinginannya Kembangkan Rumah Sakit Berstandar Internasional

Walikota Batam Resmikan Puskesmas Mentarau

NetKepri, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meresmikan Puskesmas Mentarau yang lokasinya berada di dalam kawasan Perumahan Cipta Land, Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang Jumat (21/2).

Puskesmas ke-21 di Kota Batam ini dibangun dengan menggunakan APBD 2019 lalu. .

“Puskesmas Mentarau ini besar lahannya, bangunan megah, model baru. Puskesmas kita perbanyak untuk mempermudah jarak tempuh masyarakat, memperpendek jarak rentang masyarakat yang mau berobat. Dulu jauh di sana, sekarang bisa lebih dekat,” terang Rudi.

Dirinya mengatakan salah satu syarat kota maju adalah penduduknya harus sehat. Di tengah wabah virus corona yang melanda berbagai negara, masyarakat Batam mesti menjaga kondisi tubuhnya.

Dilanjutkannya, dirinya yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam menyampaikan rencana pengembangan RSBP Batam. Rumah Sakit di Sekupang ini akan dikembangkan menjadi berstandar internasional sehingga harapannya orang dari berbagai daerah dan negara datang ke Batam untuk urusan kesehatan.

“Saya punya cita-cita, suatu waktu orang Batam tak perlu lagi berobat ke Johor dan Melaka. Untuk mewujudkan itu, pemerintah sulit. Maka RSBP Batam yang kita kembangkan. Kita mau Batam betul-betul menjadi kota yang sempurna. Jadi contoh terindah di Republik ini. Mau puskesmas, rumah sakit, kantor camat, lurah, jalan, pelabuhan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan Puskesmas Mentarau ini adalah puskesmas ketiga di Kecamatan Sekupang. Dibangun untuk melayani masyarakat di Kelurahan Patam Lestari dan Tiban Indah.

“Ada sekitar 26.000-an penduduk di dua kelurahan ini. Kita buat di Patam Lestari untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Wilayah Sekupang ini besar. Agak jauh ke Puskesmas Sekupang dan Tiban Baru,” kata Didi.

Selain mendekatkan pelayanan, juga untuk mengurangi kepadatan di dua Puskesmas lain yang sudah ada sebelumnya. Puskesmas Tiban Baru untuk wilayah Kelurahan Tiban Baru dan Tiban Lama. Sedangkan Puskesmas Sekupang untuk Kelurahan Tanjungriau, Tanjungpinggir, dan Sei Harapan.

Puskesmas Mentarau ini dibangun tiga lantai. Dan kelengkapan ruangannya sudah memenuhi standar yang diatur dalam Permenkes 75/2014.

“Misal ruang sterilisasi sudah ada, dulu tak ada. IGD lengkap semua. Poli lansia berdekatan dengan poli lain sehingga memudahkan pasien yang sudah berusia lanjut. Ada ruang bermain anak. Puskesmas Tiban Baru, Sekupang, belum pakai Permenkes itu tapi kita upayakan untuk memenuhi standarnya. Tahun ini di Puskesmas Mentarau ini juga akan dilengkapi lift karena bangunannya tiga lantai,” sebutnya.

Petugas kesehatan yang ada sekarang sekitar 20 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas.

“Tapi sekarang ini masih kepala sementara. Nanti rencananya kita tugaskan Dokter Hari, mantan Kepala Puskesmas Bulang,” Tutupnya. (Hum/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala BNPB Doni Monardo: Zonasi Risiko Covid-19 Daerah Laksanakan Pilkada Menurun

Jakarta, NetKepri.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan bahwa ada hal ...