Gelar Pertemuan Dengan Pemko Tanjungpinang, Baznas harapkan Kedepan Seluruh Dinas Bisa Menjalankan Pemotongan Zakat Bagi ASN

Tanjungpinang,NetKepri.com – Sejumlah Bendahara Organisasi Perangkat daerah ( OPD ) Mengikuti Pertemuan Antara Pemerintah Kota dan Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kota Tanjungpinang di Ruang Rapat lantai 2 kantor walikota Tanjungpinang, Kamis (13/02/20).

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs Teguh Ahmad Syafari M.si mengatakan hingga saat ini baru dua dinas yang baru melakukan pemotongan ASN yaitu Dinas Penanaman Modal, Pelaksanaan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Dinas Arsip dan Perpustakaan sudah di laksanakan tetapi datanya belum di terima oleh Kabag Kesra,” ucapnya

Teguh mengatakan kepada para Bendahara seluruh OPD terkait masalah pemotongan BAZ ( Badan Amil Zakat ) bagi ASN ini sudah di sosialisasikan kepada kepala OPD.

“Pemerintah ada perubahan kenaikan tunjangan ada yang naik bahkan ada yang turun, bagi tunjangan yang turun mungkin keterkaitan dengan aturan, dengan meningkatnya tunjangan maka semakin besar pula pemotongan zakat kita,” katanya

Sementara itu Kabag Kesra Saparilis mengatakan bahwa kegiatan pertemuan ini memeberikan penjelasan khusus tentang pemotongan zakat dari ASN yang di salurkan melalui Baznas Kota Tanjungpinang.

“Yang dimana kita mengundang Kepala OPD, camat, badan, dan lurah. Untuk mendengarkan sistem pemotongan dan memang dalam perjalanan mungkin ada beberapa masalah mengenai zakat itu hal yang biasa,” ujarnya

Ia menambahkan bahwa pemotongan zakat ini memang sudah perintah al quran kita wajib mengeluarkan zakat fitrah dan zakat Mal, merujuk perintah Al Quran kepada umat muslim sesuai dengan Peraturan dari kementerian Agama yang mengatur masalah zakat kemudian di perkuat dengan Perda Kota Tanjungpinang dan Perwako.

“Bahwa kewajiban kita mengeluarkan zakat kita dari pendapatan brotu, mulai dari pendapatan gaji dan kinerja,” jelasnya

Disisi lain, Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungpinang Drs.Muqtafien Trenggono,M.Ag memjelaskan memang sengaja dilakukan pertemuan antara Seluruh Kepala OPD, Camat, Badan dan lurah.

“Tadi penjelasan dari Sekda data yang baru melalui Kabag Kesra baru dua dinas yang sudah menjalankan pemotongan zakat, kita harapkan kedepannya seluruh dinas bisa menjalankan pemotongan zakat bagi ASN, dari zakat itu akan kita dapat salurkan kepada yang berhak menerimanya,” paparnya

(RUDI PRASTIO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala BNPB Doni Monardo: Zonasi Risiko Covid-19 Daerah Laksanakan Pilkada Menurun

Jakarta, NetKepri.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan bahwa ada hal ...