Pawai Budaya dan Mobil Hias Tampilkan Keragaman dan Pembangunan di Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang (NetKepri)- Pawai Budaya dan Mobil Hias yang digelar Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Otonom Tanjungpinang yang ke 16, Kamis (26/10), memukau ribuan penonton yang memadati pinggir jalan protokol yang dilalui peserta pawai.

Barisan pawai budaya diawali penampilan drumband SMPN 2 Tanjungpinang, disusul barisan pasukan Merah Mutih, bunga manggar, dan barisan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tampak dalam barisan tersebut Sekretaris Daerah, Drs. Riono, M. Si, dan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd, Asisten I Pemerintah Provinsi Kepri, Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, unsur FKPD, Ketua GOW Juariah Syahrul, Ketua DWP, Ersa Famella, serta tokoh masyarakat berdiri diatas panggung utama untuk menyambut peserta pawai, di Pelataran Anjung Cahaya, Tepi Laut Tanjugpinang.

Dari kalangan pelajar menampilkan keberagaman Bhinneka Tunggal Ika, terlihat berbagai budaya nusantara ditampilkan, mulai dari pakaian adat nusantara, baju tradisional, pakaian internasional, baju profesi, baju kurung melayu, serta kostum unik dilengkapi dengan atribut yang memberi keindahan dari penampilan mereka.

Selain itu, pawai budaya menunjukkan potensi keragaman suku, agama, dan budaya yang ada di Kota Tanjungpinang. Berbagai paguyuban, seperti Sunda, Jawa, Betawi, dan Tionghoa pun ikut menampilkan seni dan budaya yang mereka miliki.

Sesekali peserta menampilkan beberapa atraksi menarik, seperti silat, barongsai, reog, ondel-ondel, kuda lumping, pertunjukkan permainan tradisional, joget singapora, tarian dangkung, dan lainnya, yang membuat masyarakat tertarik dan terpukau dengan penampilan ragam budaya yang ada di Kota Tanjungpinang.

Yang paling seru dan ditunggu-tunggu masyarakat adalah parade mobil hias dari Instansi pemerintah Kota dan Provinsi Kepri, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, yang menampilkan proses pembangunan serta hasil-hasil capaian kerja yang dilaksanakan.

Berbagai bentuk kreatifitas dalam arak-arakan mobil hias menjadi suguhan istimewa untuk masyarakat, ada mobil hias yang dibentuk Masjid Apung, Kantor Walikota, burung Garuda, replika pesawat, Kampung KB, dan berbagai potensi dan keragaman wisata yang ada di Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan pawai budaya dan mobil ini sebagai ruang untuk menggerakkan kreatifitas masyarakat Kota Tanjungpinang, selain itu, pemerintah juga, memberi motivasi kepada seluruh elemen masyarakat dalam menggerakkan ekonomi dan potensi yang ada di Kota Tanjungpinang.

” Ini moment penting bagi masyarakat, bila dikemas dengan baik maka akan menjadi salah satu kekuatan agar Kota Tanjungpinang menjadi Kota Wisata “, ucapnya.

Walikota inovatif ini menjelaskan, dulu Kota Tanjungpinang terkenal dengan Kota Perdangan dan Jasa, sekarang Pemerintah terus berupaya dan mencari cara agar Tanjungpinang menjadi Kota wisata. Kita bisa angkat pariwisatanya, dari sisi wisata budaya, wisata sejarah dan wisata kuliner. Wisata-wisata ini nantinya menjadi sarana penggerak ekonomi di Kota Tanjungpinang, selain potensi lain yang sudah kita dimiliki.

Walikota menyadari, setiap kegiatan pasti ada kekurangan, namun segala kelemahan yang ada, akan kita evaluasi dan perbaiki, sehingga pelaksanaan kedepan dapat berjalan lebih baik.

” Alhamdulillah, setiap tahun kegiatan ini terus bertambah pesertanya, contonya masyarakat Tionghoa, mereka ikut berpartisipasi. Ini menandakan hitrogen masyarakat Kota Tanjungpinang dengan keragaman semangat kebersamaan bisa ditampilkan di Kota yang kita cintai ini “, ucapnya

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang, berharap dengan pelaksanaan pawai budaya dan mobil hias ini, dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat dan pariwisata di Kota Tanjungpinang,” tuturnya

Pawai budaya ini dimeriahkan peserta dari sekolah SMP, SMA/SMK, drumband, Kepala Sekolah, Guru, Paguyuban, dan masyarakat. Peserta kendaraan hias sebanyak 62 mobil hias diikuti seluruh OPD Pemerintah Kota Tanjungpinang, Bappeda Provinsi Kepri, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Kecamatan dan Kelurahan.

Pawai kendaraan hias dimulai pada pukul 07.00 Wib, melalui rute start dari Terminal Sungai Carang Bintan Center, menuju pintu gerbang I Bintan Center, kemudian ke arah Jalan. DI. Panjaitan menuju simpang batu 6, lurus ke Jalan. Gatot Subroto, Jalan. MT. Haryono, Jalan. Brigjen Katamso, melawan arus Jalan. Bakar Batu. Dari Jalan. Ketapang, iring-iringan mobil hias menyambung peserta pawai budaya hingga finish menuju Anjung Cahaya.

Untuk rute pawai budaya melewati rute, start dari simpang Jalan Pos (Jalan Merdeka), Jalan Hangtuah, dan finish di Anjung Cahaya. (Hum/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*