Berikut Tips Ketahanan LDR Bagi Keluarga dari DP3AP2KB Kepri

Suasana sosialisasi DP3AP2KB Provinsi Kepri bersama Bea Cukai, foto: ist/netkepri.com

Netkepri.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Muhammad Dali memberikan memberikan bimbingan mental kepada pegawai Bea Cukai setempat.

Bimbingan itu merupakan tips soal ketahanan LDR bagi keluarga agar dapat terjaga dengan baik.

Dali mengatakan, LDR merupakan singkatan dari Long Distance Relationship (LDR), atau bisa diartikan dengan hubungan komunikasi jarak jauh.

Salah satu cara untuk menjaga komunikasi keluarga saat LDR ialah, tidak ada paksaan atau penolakan dari salah satu pasangan. Menurutnya, dengan keridhoan pasangan segalanya dapat berjalan dengan baik.

“Hal positif dalam LDR ini ialah memberikan kesempatan berkembang, menghargai waktu bersama dan hubungan jauh lebih kuat,” ujar Dali, Rabu (24/1/2024).

Dali menerangkan, pasangan yang akan melakukan LDR harus siap melawan sejumlah tantangan. Yakni, harus kerap berkomunikasi dengan pasangan, tidak adanya keterbukaan kecurigaan berlebihan, kesepian dan pengasuhan anak .

Dalam surat An-Nisa, kata Dali pemimpin laki-laki memiliki tanggung jawab untuk menafkahi, mendidik, memberi rasa aman dan memelihara anak istrinya. Sebab, sejak lahir laki-laki sudah memiliki naluri jiwa melindungi.

“Sesuai ayat Al-Baqarah surat 233, kewajiban ayah untuk memberi makan dan pakaian kepada para ibu secara layak seseorang tidak di Bebani sesuai kadar kelayakannya,” ungkap Dali.

Menurut Dali, dalam masa proses LDR pasangan harus membangun komunikasi yang baik, saling percaya dan tidak mudah terpancing dan tidak mudah muncul kecurigaan.

Dali menyampaikan, ketika suami memberi amanah kepada istri, istri harus menaatinya dan menjaga amanah tersebut. Misalnya, istri tidak menerima tamu laki-laki ketika suami sedang tidak ada di rumah.

“Menjaga kehormatan diri karna wanita sholehah ialah taat kepada Allah lagi ketika suami tidak ada,” tegas Dali

Dali menambahkan, pasangan juga harus saling mendoakan ketika sedang melakukan LDR. Sebab, menurutnya doa istri atau suami merupakan senjata terbesar.

“Saling mendoakan ketika LDR karna kekuatan doa istri senjata terbesar dan terapuh dalam setiap langkah dan usaha kami. Segala sesuatunya berserakan kepada Allah,” pungkas Dali.(adv)

Penulis: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sebanyak 50 Wanita di Batam Ikuti Pelatihan Tata Boga dari DP3AP2KB Kepri

Netkepri.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepri ...