Kegiatan Lomba Perahu Naga, Rahma: Pemko Tanjungpinang Siap Dukung

Tanjungpinang, Netkepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, M.M hadir sekaligus menutup kegiatan lomba Perahu Naga atau Dragon Boat dalam rangkaian pelaksanaan Sembahyang Keselamatan Laut. Kegiatan ditutup dengan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba perahu naga dan pementasan malam hiburan, yang dilaksanakan di panggung pelantar 3, Sabtu malam (1/7).

Rahma dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara dan dukungan masyarakat yang terus mempertahankan tradisi kebudayaan.

“Mempertahankan tradisi kebudayaan merupakan tugas kita bersama, baik dari masyarakat juga pemerintah agar tidak hilang dan terus dikenal masyarakat. Dari lomba perahu naga juga memiliki makna yang dapat diambil yaitu kebersamaan, semangat, dan kekompakan yang patut kita implementasan dalam bermasyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, lomba perahu naga sangat dinantikan masyarakat karena sudah menjadi tradisi dan menjadi tontonan untuk hiburan.

“Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan dengan lomba perahu naga, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang menyaksikan baik warga Tanjungpinang maupun dari luar,”katanya

Hal ini membuktikan bahwa even ini dapat menarik wisatawan untuk datang, yang tentunya berdampak dalam sektor ekonomi yaitu peningkatan pendapatan bagi pelaku usaha yang berjualan disekitar tempat pelaksanaan lomba,” sambungnya.

Untuk itu, Rahma sangat mendukung agar kegiatan ini dapat digelar lebih besar dan semarak. “Pemko Tanjungpinang akan siap mendukung dengan berkolaborasi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang agar pelaksanaan kegiatan tahunan ini lebih semarak, sehingga sekaligus dapat ikut mempromosikan Kota Tanjungpinang dengan segala kultur dan kebudayaan yang ada,” ungkap Rahma.

Ferry, Panitia kegiatan Sembahyang Keselamatan Laut Pelantar 3, menyampaikan bahwa kegiatan perahu naga ini merupakan kegiatan tahunan. “Yang sudah menjadi tradisi bagi warga tionghoa di Kota Tanjungpinang.

Setelah tiga tahun tidak dilaksanakan dikarenakan pandemi Covid19, tahun ini pelaksanaan perahu naga ini kembali dapat dilaksanakan dan mendapat respon sangat baik dari seluruh masyarakat. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang turut mendukung pelaksanan lomba perahu naga ini hingga berjalan lancar hingga babak final,” sebutnya.

Adapun Perlombaan Pacu Perahu Naga di Pelantar 3 ini dimenangkan Tim dari tuan rumah yang menduduki posisi Juara I, Tim Pelantar Datok Juara II, Tim pelantar 2 Juara III, serta Tim dari Sei ladi Juara IV.

(Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menpan RB Apresiasi ASN Yang Tetap Beri Layanan Saat Lebaran

Jakarta, NetKepri – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan ...