Sirajuddin Nur Minta Disdik Kepri Pastikan PPDB Berjalan Sesuai Permendikbud

Tanjungpinang, NetKepri – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Sirajudin Nur berpesan kepada Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan agar memastikan sistem PPDB berjalan sesuai Permendikbud No 1 thn 2021.

“Prioritas bagi Masyarakat Kurang Mampu (dibuktikan dengan surat keterangan / pemegang kartu KIP) untuk diterima di sekolah negeri dalam zonasi,”ujarnya Kepada Media ini, Kamis (16/06).

Ia juga menghimbau lembaga pendidikan swasta untuk mengambil kebijakan relaksasi biaya masuk dan biaya SPP. Kemudian Dinas Pendidikan mengevaluasi secara berkala mutu pendiikan (kualitas) bagi sekolah negeri dan swasta.

“Melakukan penyegaran (rotasi) guru dan tenaga pendidik antar sekolah dan membatasi masa bakti kepala sekolah menjadi paling lama 6 tahun,” terangnya.

Lebih lanjut, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepri ini menghimbau juga kepada orang tua murid untuk mengikuti ketentuan / aturan PPDB dengan mempertimbangkan mendaftarkan anaknya ke Sekolah terdekat sesuai zonasi.

“Masih cukup tersedia kuota penerimaan di sekolah menengah swasta di Batam untuk dijadikan pilihan orang tua yang mutunya tidak kalah bagus dengan sekolah favorit lainnya,” jelasnya.

Politisi PKB ini menyinggung tentang Stigma masyarakat tentang sekolah Favorit bahwa Stigma ini muncul karenar informasi tentang sekolah yang dianggap unggul ini massif beredar di tengah masyarakat.

“Karena itu sekolah lainnya (negeri / swasta) harus juga mampu menyebarkan informasi tentang mutu pendidikan dan kualitas yang dimiliki, banyak juga sekolah yang berkualitas, namun minim informasi, ” ungkapnya.

Sirajuddin mengungkapkan Faktor manajemen pengelolaan pendidikan juga berperan, maka Kepala Sekolah berprestasi harus di distribusikan ke Sekolah-sekolah baru.

“Itu semua faktor yang mempengaruhi terjadinya kesenjangan kualitas pendidikan di Kepri, kalau semua kualitasnya merata, tidak akan ada lagi penumpukan calon siswa yang mendaftar di sekolah-sekolah tertentu,”tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubernur Ansar Resmikan STAI Miftahul Ulum Resmi Jadi Institut

ADVETORIAl, NetKepri – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan Institut Agama Islam Miftahul Ulum ...