Skema Travel Bubble Dibuka, Ini Jumlah Wisman Januari 2022 Masuk Kepri

Tanjungpinang, NetKepri – Saat ini Provinsi Kepulauan Riau telah menerima Wisatawan mancanegara (Wisman) terkhusus dari Negara Singapura dengan skema travel Bubble yang tiba pertama pada 25 Februari 2022 kemarin.

Akan hal itu, sebelum skema travel Bubble dibuka sudah ada juga Wisman yang masuk ke Provinsi Kepri yang terbukti dari data Badan Pusat Statistik.

Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Provinsi Kepri, Barudin mengatakan Kunjungan wisman ke Provinsi Kepulauan Riau selama bulan Januari 2022 tercatat sebanyak 494 kunjungan.

“Kunjungan wisman selama
Desember 2021 mencapai 544 kunjungan,” ujarnya dalam siaran persnya.

Ia menerangkan Jika dibandingkan Januari 2021, jumlah kunjungan wisman ke Kepulauan Riau naik sebesar 89,27 persen sebagai akibat makin membaiknya penanganan wabah Covid-19 sehingga berdampak pada industri pariwisata Provinsi Kepulauan Riau.

“Penurunan jumlah kunjungan wisman selama bulan Januari 2022 sebagai akibat turunnya jumlah kunjungan wisman yang berasal dari dua pintu masuk utama yang ada di Provinsi
Kepulauan Riau yaitu Kota Batam dan Kota Tanjungpinang yang mengalami penurunan masing- masing sebesar 23,32 persen dan 45,45 persen,” katanya.

Kemudian Kabupaten Bintan mengalami peningkatan sebesar 120,78 persen, sementara Kabupaten Karimun tidak terdapat kunjungan wisman.

“Jumlah kunjungan wisman ke Provinsi Kepulauan Riau terbanyak pada bulan Januari 2022 menurut pintu masuk yaitu di Kota Batam sebanyak 240 kunjungan (48,58 persen), sementara
Kabupaten Bintan sebanyak 170 kunjungan (34,41 persen), dan Kota Tanjungpinang sebanyak 84 kunjungan (17,00 persen),” terangnya.

Lebih lanjut, Pada Januari 2022, jumlah kunjungan wisman berkebangsaan Singapura ke Provinsi Kepulauan
Riau sebanyak 174 kunjungan, kunjungan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 48 kunjungan, India sebanyak 8 kunjungan, Philipina sebanyak 7 kunjungan, Tiongkok sebanyak 6 kunjungan, Australia sebanyak 4 kunjungan, Jepang sebanyak 3 kunjungan, Jerman sebanyak 2 kunjungan, Amerika dan Thailand sebanyak 1 kunjungan.

“Dari 10 negara wisman terbanyak yang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau tercatat Singapura, India, Philipina, dan Jepang mengalami kenaikan pada Januari 2022 jika dibanding dengan bulan sebelumnya,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ansar Bahas Pengembangan Apron dan Baseops Lanud RHF

Tanjungpinang, NetKepri – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama Danlanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) ...