Program Gerbang Kampung di Bintan, Rp 30 Juta Per RW

Tanjungpinang, NetKepri – Pemerintah Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu telah meluncurkan program Gerbang Kampung (Gerakan Membangun Kampung) dengan tujuan untuk memberikan ruang kepada Rukun Warga (RW) dibawah binaan Desa atau Kelurahan dengan memprioritaskan apa saja yang diperlukan pada wilayahnya agar cepat, tepat dan bermanfaat.

Dalam hal ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Kabupaten Bintan, Ronny Kartika mengatakan Program Gerbang Kampung merupakan Program prioritas Kepala Daerah yang sudah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Bintan.

“Konkritnya kita ingin melibatkan peran serta RW/RT serta kelembagaan yang ada di Desa turut berpartisipasi untuk memikirkan apa yang diperlukan di wilayahnya,” Ujarnya kepada Media ini melalui sambungan handphone.

Ia menjelaskan Program Gerbang Kampung itu di anggarkan per Rukun Warga (RW) senilai Rp 30 juta dari APBDes maupun APBD.

“Jadi bagaimana RW bisa menginvetarisir potensi yang ada di wilayahnya,” Terangnya

Kemudian diharapkan dukungan dan partisipasi dari masyarakat bisa lebih baik dan optimal sehingga bisa tertata dengan baik.

“Kemudian potenti UMKM, potensi desa wisata bisa dikembangkan, yang jelas bagaimana RW bisa bekerjasama dengan masyarakat,” Tuturnya.

Lebih lanjut, dengan adanya Gerbang Kampung apa yang menjadi Aspirasi dan yang diperlukan dapat terwujud secara optimal membangun forum kelembagaan singkronisasi dan koordinasi bisa terwujud.

“Pendekatan bisa lebih terbina dengan RT dan RW yang ada dibawah, kemudian pemetaan segala macam potensi lebih terdeteksi secara dini,” Ungkapnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Besok Para Pengungsi Luar Negeri Gelar Aksi Di Kantor DPRD Provinsi Kepri

Tanjungpinang, NetKepri – Para Pencari Suaka yang berada di Kepulauan Riau khususnya di Kabupaten Bintan ...