Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Menilai Pentingnya Sosialisasi Edukasi Ciptakan Demokrasi Berintegritas

Tanjungpinang, NetKepri – mendekati perhaletan Pemilu serentak 2024 mendatang yang tidak lama lagi, berbagai persiapan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini mengatakan yang pertama dilakukan adalah melakukan pendidikan politik dalam rangka membangun pengawasan partisipatif.

“Bentuknya itu, kemarin kita adakan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) kemudian kita memfasilitasi deklarasi komunitas pengawas partisipatif,” ujarnya Kepada Media ini, Senin (29/11).

Dikatakannya, saat ini juga pihaknya sedang membangun komunikasi dengan Organisasi-organisasi Potensial baik kemahasiswaan serta Kepemudaan untuk bersama-sama membangun komitmen pengawasan Politik.

“Sekaligus melakukan pendidikan politik baik di internal masing-masing organisasi sekaligus pendidikan politik untuk masyarakat,” Katanya.

Kemudian ketika ditanya terkait dengan antisipasi adanya money politik terhadap titik daerah rawan, Zaini mengutarakan hak tersebut memang menjadi isu besar sehingga perlu sosialisasi edukasi kepada masyarakat.

“Memang kita tidak menentukan dititik mana tetapi semua wilayah, semua komunitas masyarakat kita bersama-sama membangun kesadaran untuk menolak dan melawan politik uang,” Jelasnya.

lanjut Zaini, dalam kesuksesan Pemilu maupun Pilkada adalah peran serta dari semua kalangan masyarakat selain KPU dan Bawaslu. Oleh karenanya bagaimana semua pihak memberikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat.

“Didalam sosialisasi edukasi itulah yang paling penting kita memberikan pemahaman bagaimana menciptakan pesta demokrasi yang berintegritas, berkualitas, Profesionalitas baik dalam tahapan proses maupun nanti output hasil dari pesta demokrasi,” Tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Budi Prasetyo : 8 Daerah Kepulauan Perlu Landasan Atas Kedaulatan Laut

Tanjungpinang (Netkepri.com) – Menelisik pertemuan antara Badan Kerjasama Kepulauan yang di inisiasi Pemprov Kepri mengenai ...