Maknai Hari Santri, Hanafi Ekra Harap Kedepan Indonesia Punya Presiden Dari Santri

Anggota Komisi IV Dprd Kepri dan Kader Partai PKS, Hanafi Ekra,S.Ag.

Tanjungpinang, NetKepri – Memaknai Hari Santri adalah mengenang sejarah dalam perjuangan Indonesia baik itu sebelum kemerdekaan maupun sesudah kemerdekaan.

Hal ini dikatakan oleh Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Hanafi Ekraf kepada Media ini, Jumat (22/10).

“Sebelum kemerdekaan dalam perannya mendorong kemerdekaan Indonesia bahkan jauh dari sebelum itu, jadi Alhamdulillah peran santri di Indonesia cukup besar,” ujarnya.

Ia mengatakan bentuk pengingat akan seruan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama di berbagai penjuru daerah. Saat itu, KH Hasyim Asy’ari memimpin perumusan fatwa ‘Resolusi Jihad’ mempertahankan kemerdekaan Indonesia saat agresi militer.

“Waktu KH Hasyim Asy’ari menghargai betul bahwa mempertahankan kemerdekaan adalah sebagai sebuah semangat jihad dianggap siapa yang meninggal dalam rangka mempertahankan kemerdekaan adalah mati syahid,” katanya.

Hanafi menjelaskan para santri dalam melawan komunisme harus diingat untuk mempertahankan Pancasila NKRI peran santri cukup besar.

“Mudah-mudahan kedepan kita harus mendorong para santri di Indonesia, para santri yang berkualitas untuk mengisi kebhinekaan kita ini karena memang pembangunan sebuah bangsa mau tidak mau harus menciptakan SDM yang berkualitas,” jelasnya.

Legislator Partai PKS ini menyebutkan masih banyak lagi yang perlu dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan dan mensejahterakan masyarakat.

“Kita butuh orang-orang baik berada di seluruh lini kehidupan baik politik, sosial, budaya dan juga masyarakat Indonesia hari ini jangan abaikan para santri kita, mudah-mudahan kedepan kita punya Presiden dari santri, Gubernur dari santri, Bupati Walikota serta para pejabat pemangku kebijakan dari santri,” harapnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seresto Flea Collars

Fleas may be small, but they’re downright terrible. At least, they are able to lead ...