Bulog Tanjungpinang Sampaikan Pemda Di Kepri Belum Gunakan CBP Akibat Terdampak Pandemi Covid

Tanjungpinang, NetKepri – Dalam mengantisipasi Gelombang COVID-19 susulan maupun pasca dari dampak tersebut, Bulog Cabang Tanjungpinang tersedia stok beras distribusi jika diminta oleh Pemerintah Daerah untuk bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

“Jadi untuk mengantisipasi bencana gelombang covid non bencana alam Itu kemarin kita menyalurkan dari Pemerintah Pusat,” Ujar Hendra Gunafi, Kasi Pelayanan Publik Bulog cabang Tanjungpinang, Jumat (29/10).

Dalam rangka mengantisipasi Gelombang Covid, Pemerintah Provinsi maupun kabupaten Kota mempunyai alokasi khusus untuk bantuan tanggap darurat dan sampai saat ini belum digunakan.

“Beras bantuan Cadangan Beras Pemerintah yang 200 Ton untuk Provinsi dan Kabupaten Kota 100 Ton itu sifatnya tanggal darurat non bencana alam dan bencana alam di suatu daerah karena beras itu sudah dicadangkan oleh pemerintah tapi boleh digunakan bila terjadi tanggal darurat disuatu daerah Dan bantuan itu bisa digunakan paska bencana tersebut juga,” katanya.

Pemerintah Provinsi seluruh Indonesia itu diberikan kewenangan sebanyak 200 Ton, Kabupaten dan Kota itu 100 Ton beras dan pendistribusian itu diberikan kuasa oleh kepala daerah kepada kepala Dinas Sosial dan Bulog hanya menyiapkan Beras.

“Ini Bansos Pusat yang bisa dikelola oleh Pemerintah Daerah, bantuan itu boleh dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku, dengan persyaratan tanggap darurat daerah masyarakat terdampak covid, itu persyaratan wajib harus ada status tanggap darurat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah, kemudian harus ada jumlah yang terdampak covid,” jelasnya.

Sedangkan bantuan yang barusan diberikan akibat terdampak covid merupakan Program bantuan beras PPKM yang sudah kita distribusikan tahap 1 dan 2 kemarin itu adalah bantuan Pusat yang sifatnya nasional program itu dilakukan untuk pendistribusian bantuan beras.

“Alokasi Bantuan Beras PPKM 2021, kita hanya menyalurkan berdasarkan data yang sudah diberikan oleh kementerian sosial, yang jelas berapa kuota yang diberikan itu yang kita distribusikan, alhamdulillah sudah kita distribusikan semuanya dengan jumlah alokasi yang tersedia,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Serentak Dilaksanakan, Pemprov Segera Vaksin Anak 6 Sampai 11 Tahun

Tanjungpinang, Netkepri – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kepri tengah ...