BPS Kepri Sebut Data Sangat Penting Sebagai Tolak Ukur Kemajuan

Tanjungpinang, NetKepri – Dalam rangka menuju Indonesia maju 2045, BPS mengambil peran untuk mengawal transformasi dengan menyediakan data berkualitas yang dapat memotret berbagai perubahan yang terjadi pada proses menuju ke arah tersebut.

Untuk menghadapi tantangan itu, dalam beberapa waktu terakhir BPS telah
memperbarui visinya dari “pelopor data statistik terpercaya untuk semua” menjadi “Penyedia data statistik berkualitas untuk Indonesia maju”.

“Data telah menjadi kekayaan baru bagi Indonesia. Data menjadi sangat penting karena bisa menjadi tolak ukur kemajuan Indonesia. Data yang valid membuat Indonesia semakin maju,” ujar Kepala BPS Provinsi Kepulauan Riau, Agus Sudibyo, Selasa (05/10) di Hotel CK Tanjungpinang.

Ia mengungkapkan saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar berupa pandemi covid-19 yang merubah cara hidup orang banyak.

“Tentu saja dampak dari pandemi ini harus dapat dipotret dengan baik untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat baik bagi masyarakat dan pengambil kebijakan,” terangnya.

Pada sisi lain, meningkatnya penggunaan teknologi informasi juga memiliki dua sisi yang perlu diwaspadai. Meningkatnya jangkauan informasi bagi masyarakat seringkali diikuti dengan
penyebarluasan berita yang tidak tepat, sehingga sangat rawan memicu keresahan sosial.

“Untuk itu diperlukan penyebarluasan informasi yang tepat. Informasi ini tidak hanya harus mampu menjelaskan kepada masyarakat mengenai apa yang sebenarnya sedang terjadi, melainkan juga memberikan optimisme mengenai perbaikan keadaan yang akan terjadi di masa depan,” jelasnya.

Lebih Selain meningkatkan jenis dan kualitas, BPS Provinsi Kepulauan Riau selama ini telah berupaya untuk dapat menyajikan data dan informasi pembangunan secara tepat waktu dan berkelanjutan.

“Penyebarluasan informasi dilakukan melalui berbagai kanal seperti Rilis Berita Resmi Statistik, Publikasi indikator dan analisis statistik, serta pelayanan statistic terpadu (PST),” ujarnya.

Penyebarluasan informasi BPS Provinsi Kepulauan Riau juga telah dilakukan melalui media daring: facebook, youtube, Instagram. Bahkan, pelayanan statistic terpadu juga dapat dilakukan melalui media whatsapp yang kami layani dengan cepat.

Namun demikian kami menyadari, betapapun upaya yang telah kami lakukan, kemampuan kami dalam menjangkau masyarakat sangatlah terbatas.

“Disinilah kemitraan dan kerjasama dengan pihak media massa menjadi sangat penting untuk bersama-sama membangun serta menyebarluaskan informasi yang tepat
dan akurat kepada masyarakat,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kebakaran Bangunan Belakang Wisma Tepi Laut, Satu Unit Motor Ludes Hangus

Tanjungpinang, NetKepri – Telah terjadi kebakaran di Wisma Tepi Laut sekitar Pukul 16.00 Wib tepatnya ...