Tahun Ini, Museum Kota Tanjungpinang Gelar Even Dengan 4 Perlombaan

Kepala UPTD Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Ivan Kurniawan

Tanjungpinang, NetKepri – Upaya dalam meningkatkan Kunjungan masyarakat ke Museum Kota Tanjungpinang, Dinas Pariwisata melalui Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah adakan berbagai lomba.

Kepala UPTD Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Ivan Kurniawan mengatakan Lomba yang digelar ada 4 yaitu Lomba Kepemanduan, Lomba Melukis, Lomba Syair dan Lomba Vlog dengan tujuan lebih pengenalan dan Keberadaan Museum.

“Untuk promosi, guna meningkatkan kunjungan masyarakat ke museum, Maka normalnya harus ada kegiatan yang merangsang untuk orang datang,” ujarnya kepada Media ini, Jum’at, (17/09).

Ivan mengutarakan tiap tahunnya Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah melaksanakan kegiatan yang bersifat program publik seperti pameran, lomba-lomba, sosialisasi ke masyarakat.

“Harapannya agar museum lebih dikenal oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Dikatakannya, Museum Kota Tanjungpinang Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah yang diresmikan pada tanggal 31 Januari 2009 merupakan museum milik Pemerintah Kota Tanjungpinang yang memiliki arti penting untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

“Melalui koleksi museum sebagai upaya memperkokoh jati diri serta persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pada dasarnya museum mempunyai 2 fungsi yaitu sebagai tempat pelestarian warisan budaya masyarakat dan sebagai sumber informasi melalui penelitian dan penyajian.

“Dengan mengunjungi museum dapat meningkatkan kreatifitas yang inovatif sehingga dapat memberikannya pengalaman dan pengetahuan baru yang berupa warisan sejarah, alam dan budaya Melayu Kepulauan Riau,” terangnya.

Berbagai benda peninggalan sejarah yang dikenal dengan Benda Cagar Budaya (BCB) menjadi bukti betapa besarnya Kebudayaan mengingat hal tersebut merupakan harta warisan yang sangat bernilai.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HUT PGRI ke 76, PGRI Kecamatan Lingga Gelar Bimtek PTK

Lingga, Netkepri – Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Lingga mengelar Bimtek pemantapan ...