Taba Iskandar Tekankan Agenda Penjadwalan Agar Pengesahan Anggaran Tidak Terlambat

 

Tanjungpinang, NetKepri – Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau, Taba Iskandar mengatakan Keterlambatan Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baik itu murni maupun perubahan seharusnya tidak terjadi lagi.

Dirinya mengungkapkan terkait hal itu mesti ada manajemen penjadwalan dengan tata kelola birokrasi, maka Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar untuk menjadwalkan karena hal ini merupakan agenda rutin.

“Kritik keras untuk pengaturan penyusunan jadwal bersama. Inikan persoalan Provinsi Kepulauan Riau, hal-hal yang seperti ini seharusnya tidak terjadi lagi yang deadline waktu begitu mepet karena sudah terjadwal,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (27/09).

Taba menambahkan, sudah ada jadwal yang diatur pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) terkait kapan Anggaran Perubahan (P) masuk dan Anggaran Murni sudah harus masuk.

“Ini sekarang P, bulan September akhir Oktober itu harus sudah masuk murni 2022, deadline murni itu 30 November harus sudah masuk ke Kemendagri, harusnya di September P itu sudah tidak ada lagi, yang seharusnya sudah selesai di Juli Agustus akhir dan kemudian September ada kekosongan untuk persiapan masuk di Oktober pembahasan murni,” jelasnya.

Maka pada visi misi Gubernur Kepri sekarang ini, dikatakannya di RPJMD bahwa tata kelola Pemerintahan yang baik itu nomor dua setelah potensi Maritim.

“Karena sampai 19 Tahun Provinsi Kepri berdiri tata kelola pemerintahan dan birokrasinya belum sesuai dengan apa yang diharapkan karena ini birokrasi terkait dengan pelayanan,” ungkapnya.

Lebih lanjut terkait dengan target saat ini untuk Pengesahan APBD-Perubahan 2021, ia mengutarakan Hari ini Senin (27/09) rapat dengan internal Banggar dan singkronisasi.

“Kalau hari ini tuntas singkronisasi serta tidak ada lagi perubahan terutama dari pagu dan dari beberapa kegiatan-kegiatan yang memang bisa di akomodir mungkin dalam minggu ini bisa selesai,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kebakaran Bangunan Belakang Wisma Tepi Laut, Satu Unit Motor Ludes Hangus

Tanjungpinang, NetKepri – Telah terjadi kebakaran di Wisma Tepi Laut sekitar Pukul 16.00 Wib tepatnya ...