Masa Berlaku Swab Antigen dan PCR Diperpanjang, Ini Penjelasannya

Tanjungpinang, NetKepri – Saat ini masa berlaku test Antigen dan PCR bagi perjalanan antar Pulau di Provinsi Kepulauan Riau diperpanjang satu hari yang diberlakukan sejak tanggal 21 September 2021.

Sebelumnya, Test Antigen berlaku 1×24 Jam saat ini menjadi 2×24 jam dan Untuk PCR saat ini menjadi 3×24 jam.

“Iya ..ini utk wilayah Kepri saja ..kalau keluar Kepri ikut aturan nasional , PCR 2×24 jam, antigen 1×24 jam, ” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, M Bisri kepada media ini, Rabu (29/09) melalui pesan WhatsApp.

Ia menambahkan kebijakan ini merupakan Kebijakan kepala Daerah untuk mempermudah orang dalam melakukan perjalanan.

“Nanti pada saatnya akan dihapus, secara Assessment Kepulauan Riau levelnya sudah turun cumankan belum, ” jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Rudi Chua mengungkapkan sudah mengecek ke Kimia Farma sebagai pelaksana dalam melakukan test Antigen maupun PCR di Pelabuhan.

“Hari pertama sudah kita cek, Mereka sudah menjelaskan terkait perpanjangan masa berlaku ini, jadi di Pelabuhan itu mereka sudah menyampaikan itu,” terangnya.

Konsekuensinya adalah dari kegiatan ini, para pelaku Perjalanan yang ingin bolak balik tanpa harus menginap tidak perlu melakukan test selanjutnya.

“Misalnya mau pulang pergi dari Batam tidak perlu dua kali lagi cukup sekali,” sambungnya.

Rudi berharap juga harga dalam melakukan test Antigen dan PCR ini bisa di tekan lagi.

Kemudian ia mengharapkan serta menghimbau kebijakan Antigen ini kalau di Hapus sangat membahayakan karena tidak ada filter untuk mengantisipasi penyebaran.

“Kalau Antigen itu di hapus sama sekali tentu kita tidak ada filter terhadap masalah penyebaran virus Corona antar pulau, Antigen ini untuk dihapus belum tetapi harganya yang perlu dipertimbangkan diturunkan lagi,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peraturan Daerah PT.(Perseroda) Pembangunan Kepri Disahkan

Tanjungpinang, Netkepri – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) PT. Pembangunan Kepri telah ...