Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam Sebut Masih Ada Pelanggaran Dalam Penggunaannya

Tanjungpinang, NetKepri – Kementerian dan Informatika Republik Indonesia Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika melalui Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam, Abdul Salam mengatakan penggunaan spektrum frekuensi radio dan perangkat telekomunikasi yang benar dan sesuai peruntukannya.

“Bagaimana agar mayarakat bisa mengerti dan bisa menerapkan dalam penggunaan Frekuensi radio tentunya ya, agar kegiatan penggunaan prekuensi radio ini dapat di lakukan secara tertib secara bertanggung jawab dan tidak saling mengganggu, ” ucapnya usai kegiatan di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa (28/09).

Dikatakan Abdul, selama ini masih ada ditemukannya pelanggaran penggunaan Frekuensi Radio maka perlu sosialisasi ke masyarakat bagaimana mengatasi gangguan-gangguan yang ada minimal mereduksi dari pada gangguan yang terjadi baik di Kabupaten Bintan maupun di Tanjungpinang.

“Makanya kami sering melakukan monitoring rutin, inspeksi rutin terhadap penggunaan Frekuensi Radio dari semua jenis Frekuensi,” jelasnya.

Ia menambahkan hampir setiap tahun melakukan kunjungan rutin ke Kabupaten Kota di Provinsi Kepulauan Riau untuk memastikan bahwa penggunaan prekuensi radio itu dapat lebih tertib sesuai dengan peruntukannya agar frekuensi di gunakan benar benar sesuai dengan aturan yang d tentukan oleh Pemerintah.

“Dari hasil monitoring kami masih ada pengguna prekuensi radio itu yang belum taat atau menggunakan Frekuensi sesuai dengan aturan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sanksi yang digunakan lebih mengacu kepada Undang-undang Cipta Kerja Nomor 21 Tahun 2020 dengan Sanksi Administratif yang berupa denda.

“Sanksi administratif berupa denda tapi tidak menutup kemungkinan kalau ini berulang pelanggarannya itu akan diberikan sanksi pidana,” jelasnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengangguran Tinggi, Iwan Kusmawan Sarankan Gandeng Semua Stakeholder Untuk Bangkitkan Ekonomi

Tanjungpinang, Netkepri – Tingginya angka pengangguran di Provinsi Kepulauan Riau, diakui Iwan Kusmawan selaku Politisi ...