Asparnas Dorong Semua Pelaku Wisata Dapatkan Sertifikasi CHSE

Ketua DPD Asparnas Provinsi Kepri, Mulyadi Tan

Tanjungpinang, NetKepri – DPD Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Provinsi Kepulauan Riau berencana akan membuat pelatihan online bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Lokal.

“UMKM kita lagi ada planning ya tapi masih dalam pembahasan, itu kita akan membuat suatu kegiatan kecil untuk mempromosikan UMKM Lokal,” ujar Ketua DPD Asparnas Provinsi Kepri, Mulyadi Tan kepada media ini.

Ia mengungkapkan saat sedang mengkonsep agar terlaksana mulai dari Pelatihan Online.

“Jadi kita juga akan memberikan pelatihan online untuk UMKM kita sedang daftar dan membicarakan ini,” ungkapnya.

Ia juga mendorong semua pelaku wisata agar mendaftar usahanya mendapatkan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

“Itu tempat makan restoran itu juga harus supaya yang berkunjung kesitu nyaman, semua sudah bagus higenis hingga semua staf sudah di Vaksin,” terangnya.

Kedepan yang menjadi Program dari Asparnas yaitu Pelatihan UMKM agar supaya bisa Go Online karena mengingat di era pandemi Covid-19 semua serba digitalisasi.

“Program yang saya bicarakan pelatihan UMKM untuk mereka bisa go online karena dimasa pandemi inikan yang online prospeknya bagus sekali trennya naik tidak ada turun,” jelasnya.

Mulyadi mengutarakan didalam rencana kegiatannya kemungkinan akan menggandeng Dinas terkait seperti Disperindag agar melengkapi data para UMKM.

“Mereka punya data karena banyak sekali UMKM belum terdata, jadi kita punya suatu data yang tepat untuk orang-orang atau usaha ibu rumah tangga misalnya dia punya prodak makanan enak, ya di promosikan untuk jualan di online,” katanya.

Pria yang juga Pengusaha ini berharap agar nantinya turis wisawatan mancanegara sudah bisa masuk supaya perekonomian kedepan bisa lebih bangkit.

“Kita berharap sudah bisa zona hijau, PPKM level sudah tidak ada sehingga harapan kita adalah nanti turis dari Singapura atau Malaysia sudah bisa masuk,” tuturnya.(Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BPJS Luncurkan Aplikasi Mobile JKN, Permudah Masyarakat Dalam Pengurusan

Tanjungpinang, NetKepri – Di masa era Pandemi saat ini yang sedang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ...