Serentak Seluruh Indonesia, BKKBN Kepri Gelar Pendataan Keluarga

Tanjungpinang, Netkepri – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) saat ini menjalankan pendataan keluarga sejak 1 April hingga 31 Mei 2021.

“Pendataan keluarga  dilaksanakan setiap lima tahun sekali dan setiap tahunnya dilakukan Updating data,” ujar Kepala BKKBN Kepri, Mediheryanto, SH,MH kepada media ini.

Pendataan keluarga dilaksanakan secara secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia. Pendataan keluarga dilakukan per RT oleh kader pendata secara door to door dengan menggunakan dua cara yaitu online untuk daerah yang ada sinyalnya dan manual untuk daerah yang tidak ada sinyalnya.

“Dalam pelaksanaan pendataan keluarga harus memperhatikan protocol kesehatan, ada  tiga komponen data yang akan dihasilkan dari pendataan keluarga yaitu data kependudukan, data keluarga berencana dan data pembangunan keluarga,” jelasnya.

Seiring dengan penugasan oleh presiden RI kepada BKKBN sebagai ketua Tim Penanganan stunting, maka pada pendataan keluarga tahun 2021 ditambah dengan satu komponen lagi yaitu data stunting.

“Agenda pembangunan kerap menjadikan keluarga sebagai sasaran utama. Sayangnya, tidak ada data keluarga dari sumber manapun dengan cakupan seluruh keluarga,” ucapnya.

Melalui pendataan keluarga diharapkan dapat menyediakan Data Keluarga yang merupakan  Parameter utama dalam menyediakan data keluarga by name by address untuk dipergunakan dalam penetapan sasaran, intervensi dan optimalisasi operasional Program Bangga Kencana di lapangan.

“Data keluarga tersebut dipergunakan untuk kepentingan penetapan kebijakan, perencanaan, pengendalian, dan pemantauan oleh pengelola dan pelaksana program di semua tingkatan. Kemudian pemanfaatan data keluarga dapat digunakan untuk program pembangunan terkait lain, ” ungkapnya.

Ia menjelaskan Launching pendataan keluarga  di Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 1 April 2021  ditandai dengan pendataan keluarga Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dikediamannya Tanjungpinang.

“Kemudian diikuti pendataan keluarga Walikota Tanjungpinang, Bupati Anambas, Bupati Lingga, PLT Bupati Karimun, Wali Kota Batam,” tuturnya.

Di beberapa Kabupaten/Kota juga telah melakukan pendataan keluarga Camat, Lurah dan Kepala Desa. Bahkan di Kota Batam juga telah dilakukan pendataan keluarga Ketua LAM  yang merupakan mantan Walikota Batam. Di Kabupaten Karimun juga telah dilakukan pendataan terhadap keluarga calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih. (Rud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HUT PGRI ke 76, PGRI Kecamatan Lingga Gelar Bimtek PTK

Lingga, Netkepri – Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Lingga mengelar Bimtek pemantapan ...