Pemprov Serahkan 3.480 Vial Vaksin Ke Pemkab Karimun

Karimun, Netkepri – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H. TS. Arif Fadillah menyampaikan bahwa senjata terakhir dalam melawan penyebaran penularan Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Dengan vaksinasi diharapkan tercapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Dengan vaksin akan buat kita kebal terhadap Covid-19. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, maka akan semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi,” kata Arif saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kepada Pemerintah Kabupaten Karimun di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Selasa (26/01).

Turut hadir Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M. Bisri, Kepala Dinas PMD dan Catatan Sipil Provinsi Kepri Sardison, Kepala Biro Pembangunan Provinsi Kepri Aries Fhariandi, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana Forkompinda Kabupaten Karimun serta OPD Kabupaten Karimun.

Arif pada kesempatan ini mengajak masyarakat Kepulauan Riau khususnya masyakarat Kabupaten karimun agar yakin dan percaya akan keamanan vaksin karena pembuatan vaksin sinovac ini telah melalui proses yang sangat ketat, telah melalui fase uji klinik, bahkan telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI serta telah mengantongi izin penggunaan darurat dari BPOM.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi karena setiap tahap dari pembuatan hingga pemberian vaksin terjamin keamanannya,” jelasnya.

Untuk memberikan jaminan dan keampuhan Sinovac ini kepada masyarakat, Arif menyampaikan bahwa dirinya bersama Forkompinda Kepri dan beberapa tokoh masyarakat telah terlebih dahulu mendapatkan suntikan vaksin ini pada Kamis (14/01) yang lalu di Rumah Sakit Ahmad Thabib, Tanjungpinang.

“Alhamdulillah hingga saat ini saya merasa sangat sehat, dan peserta yang mengikuti vaksin pada tahap pertama kemarin tidak ada keluhan yang berarti. Selanjutnya kami akan divaksin kembali pada Kamis mendatang (28/01). Semoga dengan vaksin ini, imun tubuh akan tercipta sehingga covid tidak dapat masuk,” ucapnya.

Selanjutnya kepada masyarakat Kepulauan Riau, Arif yang juga ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan bahwa seharusnya tidak ada keraguan lagi dalam benak masyarakat akan vaksin Covid-19 karena vaksin corona Sinovac telah terbukti efektivitas dan keamanannya.

“Saya berharap bahwa vaksin untuk negeri ini dapat membawa kita keluar dari pandemi Covid-19 bersama dengan penerapan protokol kesehatan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kepulauan Riau menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah menyerahkan vaksin kepada Pemerintah Kabupaten Karimun

“Terimakasih kami ucapkan kepada Pemprov Kepri atas penyerahan vaksin pada hari ini. Selanjutnya kami akan mensosialisasikan program vaksinasi ini. Untuk Kabupaten Karimun akan mulai vaksinasi pada Sabtu (30/01), ucapnya.

Adapun penyerahan vaksin Tahap I, dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kepada Pemerintah Kabupaten Karimun sebanyak 3.480 Vial yang akan diperuntukan bagi 1.730 tenaga kesehatan, Forkompinda dan tokoh masyakarat. (Hum/Red).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kebijakan Gubernur Untuk UMKM Lebih Makmur, Pinjaman di BRK Bunga 0 Persen

ADVETORIAl, NetKepri – Para pelaku UMKM Provinsi Kepulauan Riau mulai tanggal 13 Februari 2024 sudah ...