Litbang Diharapkan Sebagai Garda Terdepan dalam Perumus Kebijakan Strategis Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, Netkepri – Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, kukuhkan Majelis Pertimbangan, Tim Mutu, dan Kelitbangan Kota Tanjungpinang periode 2020-2023, di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (16/11).

Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengatakan organisasi kelitbangan Kota Tanjungpinang dapat memberikan kontribusi dalam merumuskan kebijakan yang berkualitas dan inovatif sebagai solusi atas berbagai permasalahan yang ada.

“Di sini, peran litbang sangat dibutuhkan. Hasil litbang yang akurat dalam bentuk konsep, skenario, maupun pilihan kebijakan yang tepat dapat menjadi rekomendasi dalam mengatasi berbagai masalah yang timbul di pemda,” kata Rahma.

Rahma menerangkan, sesuai Permendagri nomor 17 tahun 2016, organisasi ini dibagi menjadi tiga bagian yakni majelis pertimbangan, tim pengendali mutu, dan tim kelitbangan. Selain itu, pemda juga diamanatkan untuk berkolaborasi dengan berbagai lembaga akademisi.

Di samping berorientasi pada pelaksanaan, juga menitikberatkan pada arah serta mutu dan kualitas kelitbangan.

“Karena itu, organisasi ini harus benar-benar bergerak secara terstruktur dan sistematis untuk mencapai berbagai sasaran yang ditetapkan, utamanya percepatan pembangunan kKta Tanjungpinang,” sebut Rahma.

Dikatakannya, dalam mengendalikan mutu diperlukan perlaksanaan kelitbangan secara kesinambungan. Artinya, hasil-hasil kelitbangan yang telah sampai pada tahap implementasi kebijakan, juga perlu dilakukan pemantauan serta evaluasi secara berkala.

“Litbang harus menjadi garda terdepan yang andal dalam mendukung perumusan kebijakan strategis Pemko Tanjungpinang,” harap Rahma.

Semetara itu, Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Ruli Friady melaporkan organisasi kelitbangan Kota Tanjungpinang dibentuk berdasarkan tiga keputusan Wali Kota yang diterbitkan pada 27 Oktober 2020 lalu.

Majelis pertimbangan sendiri dipimpin langsung Wali Kota Tanjungpinang beserta jajaran terkait, akademisi dan tokoh masyarakat.

Tim pengendalian mutu sendiri terdiri dari Kepala Bappelitbang, Sekretaris, dan dibantu jajaran bidang terkait dan akademisi.

Sedangkan, tim kelitbangan ditempati oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan dibantu akademisi dan staf yang melaksanakan fungsi penunjang kelitbangan.

Ruli berharap pengukuhan organisasi kelitbangan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kapasitas lembaga kelitbangan di Kota Tanjungpinang.

“Mari kita hasilkan ide-ide cemerlang guna mendukung pengambilan kebijakan yang berbasis pada bukti ilmiah dan hasil penelitian pengembangan di Kota Tanjungpinang,” tutur Ruli. (Hum/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kegiatan Model Project Yang Dibubarkan, Bukan Kegiatan Disbudpar Tanjungpinang

Tanjungpinang, Netkepri – Sehubungan dengan pemberitaan terkait Walikota Tanjungpinang membubarkan kegiatan Exotics Model Project di ...