Kegiatan APBD Perubahan di Arahkan Pada Normalisasi Banjir

Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat

Tanjungpinang, Netkepri – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang terus melakukan percepatan penanganan titik banjir di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

“Salah satu upaya percepatan penanganan banjir di Tanjungpinang seperti di sekitar Perumahan Ceruk Permata. Penyebabnya adalah sedimentasi yang tidak terlalu tinggi, sehingga pada APBD perubahan 2020 dianggarkan untuk normalisasi lokasi tersebut,” kata Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, Jumat (6/11/2020).

Selain normalisasi di lokasi tersebut, lanjut Zul, juga ada rise up jembatan di pembakaran mayat yang saat ini terlalu rendah sehingga saat hujan lebat terjadi banjir akibat daya tampungnya kecil.

“Kita perlebar agar bisa menampung debit air yang besar,” ujarnya.

Dijelaskan Zul, pengerjaannya baru saja dimulai. Hingga saat ini progressnya sudah mencapai 15 persen. Sedangkan anggarannya ada di APBD murni 2020, namun ada prioritas penanganan Covid-19, maka dilakukan refocusing

“Jadi, anggaran yang digunakan saat ini adalah hasil refocusing keempat sebesar Rp1 miliar,” katanya.

Sementara untuk target penyelesaian tetap pada 31 Desember 2020, jika pekerjaan belum selesai akan dikaji kembali terkait penambahan waktu pengerjaan berdasarkan ketentuan peraturan.

“Harapannya setelah selesai tidak terjadi lagi genangan seperti sebelumnya,” katanya.

Pada kegiatan di APBD perubahan ini, banyak mengarah untuk normalisasi penanganan banjir, kareda diprediksi pada Desember 2020 curah hujan cukup tinggi, sehingga dilakukan pencegahan banjir lebih awal,” kata Zul. (Hum/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Terkait Tower Tanpa Izin, Rahma : “Minta Persetujuan Warga, Baru Lanjut Urus Izin”.

Tanjungpinang, Netkepri – Menindaklanjuti laporan warga Jalan Kartika dan Kampung Mayang Sari, yang selama ini ...