Peringatan Kemerdekaan RI Ke-75, Ini Rangkaian Kegiatan Lanudal Tanjungpinang

Tanjungpinang, NetKepri.com — Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus merupakan momentum yang penting bagi bangsa Indonesia untuk mengingat kembali akan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Untuk tetap menyalakan eksistensi sebagai bangsa yang berdaulat, dimana peringatan HUT kemerdekaan RI Ke-75 tahun 2020 dalam kondisi keprihatinan karena bangsa Indonesia bahkan dunia sedang berjuang melawan pandemi global virus Corona, maka berbagai rangkaian kegiatan peringatan dilaksanakan dalam skala terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Namun demikian tidak mengurangi semangat ruh penanaman nasionalisme dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang.

Hal tersebut sebagaimana yang dilakukan Lanudal Tanjungpinang dalam memaknai menjelang dan saat pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 dengan melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya pada Jumat (14/08), dengan dipimpin Ustad M. Nasir, Komandan Lanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.M., M.Tr. Hanla. beserta jajarannya melaksanakan zikir dan doa bersama di Masjid Al-Baari Komplek Lanudal Tanjungpinang.

Kemudian dilanjutkan pada Minggu (16/08), tepat pukul 00.00 Wib, Letkol Laut Dani selaku Danlanudal Tanjungpinang dan prajurit jajarannya kembali melaksanakan zikir dan doa bersama di Loby Mako Lanudal Tanjungpinang. Sementara itu Palaksa Mayor Laut (T) Totok Tri Widodo mewakili Danlanudal Tanjungpinang mengikuti apel kehormatan dan renungan suci peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan Pemprov Kepri di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Kota Tanjungpinang.

Sebagai puncaknya peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75 pada, Senin (17/08), setelah menghadiri upacara peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di lapangan Kantor Walikota Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani selaku Danlanudal Tanjungpinang beserta seluruh jajarannya mengikuti upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI Ke-75 secara virtual di Loby Mako Lanudal Tanjungpinang. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan tasyakuran dengan pemotongan tumpeng oleh Danlanudal Tanjungpinang dan diserahkan kepada prajurit termuda dan PNS Lanudal Tanjungpinang yang mendekati masa pensiun.

Danlanudal Tanjungpinang menuturkan, bahwa kondisi pandemi global covid 19 yang belum berakhir disaat peringatan ini harus dapat dimaknai secara positif dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kemampuan diri dengan Informasi dan Teknologi (IT) dalam penguasaan alustita guna lebih efektif dan efisien lagi dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Besar harapan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 tahun ini yang mengusung tema “Indonesia Maju dengan logo Bangga Buatan Indonesia” yang merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh warga masyarakat Indonesia khususnya personel Lanudal Tanjungpinang, baik dilingkungan kerja maupun bermasyarakat, pungkas Letkol Dani selaku Danlanudal Tanjungpinang dalam sambutannya.

(Pen Lanudal Tanjungpinang/RUDI PRASTIO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pjs Gubernur Siap Pilkada Sehat Di Kepri

Tanjungpinang, NetKepri.com – Penjabat Sementara Gubernur Bahtiar mendapat pesan khusus dalam menjalankan tugasnya di Kepri. ...