Modus Aktifitas Tambang

Andi, Tokoh Pemuda Kecamatan Bidare

Oleh : Andi

Tokoh Pemuda Kecamatan Bidare

Masyarakat perlu bijak dalam hal menerima investasi, terkadang kita perlu sedikit selektif, karena sedikit saja kesilapan akan berdampak seumur hidup bagi Masyarakat.

Beberapa peristiwa yang terjadi di provinsi Kepri harus di jadikan pelajaran, Misalnya 2019 lalu di beberapa Desa yang ada di kabupaten Bintan terjadi pertambangan hingga menimbulkan gejolak di Masyarakat sekitar dan sekarang, kasus pertambangan tersebut masih di tangani oleh pihak Kejaksaan.

Di Kabupaten Lingga, beberapa tahun lalu juga terjadi hal yang serupa tepatnya di Batu Hitam pulau Temiang. Awalnya ingin membangun resort, kenyataannya aktifitas tambang yang terlihat. Sekarang Pulau Temiang hanya tinggal nama, dan tempat Resort pun tidak terlihat karena memang mungkin dari awal bukan resort yang ingin di bangun oleh pengusaha melainkan potensi tambang di wilayah tersebut yang menjadi incaran.

Terkadang yang justru mengherankan adalah sering kali ada pelanggaran aturan pertambaangan, misalnya Undang-undang nomor 4 tahun 2009 tepatnyaa pasal 83

Luas 1 (satu) WIUPK untuk tahap kegiatan eksplorasi pertambangan mineral logam diberikan dengan luas paling banyak 100.000 Ha.

Luas 1 (satu) WIUPK untuk tahap kegiatan operasi produksi pertambangan mineral logam diberikan dengan luas paling banyak 25.000 Ha.

Luas 1 (satu) WIUPK untuk tahap kegiatan eksplorasi pertambangan batubara diberikan dengan luas paling banyak 50.000 Ha.

Luas 1 (satu) WUPK untuk tahap kegiatan operasi produksi pertambangan batubara diberikan dengan luas paling banyak 15.000 Ha.

Tetapi fakta lapangan yang terjadi beberapa tempat pada tahun-tahun lalu justru wilayah yang ingin di jadikaan tempat pertambangan tak lebih dari 100 Ha hingga dampak negatif dari kegiatan tersebut bisa fatal sampai menenggelamkan pulau .

“Saya berharap kepada eksekutif dan legislatif untuk lebih selektif untuk membawa dan menerima investasi, saya juga berharap kepada penegak hukum agar menindak tegas mafia-mafia yang terindikasi merusak lingkungan,” ucapnya. (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KRI Bung Tomo 357 Tangkap Dua Kapal Ikan Asing Vietnam

NATUNA,NetKepri.com – KRI Bung Tomo 357 berhasil menangkap 2 unit Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera ...