20 Calon Taruna AAU Panda Lanud RHF Ikuti Tes Samapta Dan Postur

TANJUNGPINANG.NetKepri.com – Sebanyak 20 Calon Siswa (Casis) Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) Panitia Daerah (Panda) Pangkalan TNI AU Raja Haji Fisabilillah, Rabu (1/7) menjalani serangkaian Tes Samapta dan Tes Postur yang dilaksanakan di Lapangan Korem 033/Wira Pratama dan Gedung Dirgantara Lanud Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang.

Dari total awal sebanyak 23 Casis yang telah mengikuti Tes Administrasi, Verifikasi, Tes Kesehatan I dan Tes Psikologi, maka terseleksi 20 orang Casis yang memenuhi persyaratan dan berhak lanjut ke Tahap Tes Samapta dan Tes Postur.

Tes Samapta dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Samapta A, B, dan C. Samapta A terdiri dari lari selama 12 menit dengan tolak ukur jarak tempuh, Samapta B meliputi Pull Up, Push Up, dan Shuttle Run, sementara Samapta C menilai kemampuan renang casis dengan jarak 25 m dan waktu tempuh sebagai tolak ukur.

Sebelum Tes dimulai, para Casis diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan berupa pengecekan suhu tubuh, tensi, dilanjutkan dengan warming up atau pemanasan otot.

“Tes Samapta ini merupakan tes untuk mengukur tingkat kebugaran dan vitalitas calon taruna,” tutur Kepala Seksi Pembinaan Jasmani selaku Wakil Sementara Kepala Dinas Personel Lanud Raja Haji Fisabilillah Kapten Kes Agus Sumanto, S.Sos.

Kegiatan dilanjutkan dengan Tes Postur yaitu dengan meneliti bentuk tubuh setiap casis dengan detail meliputi bentuk tubuh, bentuk tangan, bentuk kaki, kondisi telapak tangan dan kaki, keseimbangan tubuh, geometri simetris tubuh casis, hingga cara berjalan setiap casis menjadi penilaian.

Menurut Ws. Kadispers Lanud RHF, tes postur dilaksanakan untuk memilih postur-postur tubuh calon Taruna AAU yang ideal sesuai dengan yang diharapkan oleh TNI AU.

“Kriteria yang diambil wajib memiliki kualitas tubuh, kekuatan fisik, dan kemampuan mobilitas yang tinggi sehingga cocok untuk mengawaki alutsista TNI AU yang serba canggih dan berteknologi tinggi.” Jelasnya.

Lebih lanjut, Ws. Kadispers Lanud RHF menuturkan bahwa secara umum para casis tersebut sudah memenuhi syarat, namun ada beberapa casis yang kurang mempersiapkan diri dan memiliki postur yang kurang memadai. Maka dari itu Ws. Kadispers Lanud RHF berpesan kepada calon-calon Taruna AAU berikutnya untuk mempersiapkan diri dengan matang.

“Saya harapkan jauh jauh hari sudah mempersiapkan diri, mulai dari kita membina jasmani, membina mental ideologi, kemudian pembinaan postur agar sesuai dengan yang diharapkan, sehingga sewaktu nanti pelaksanaan tes, calon-calon siswa taruna sudah siap untuk bersaing menjadi Calon Taruna Akademi Angkatan Udara”, harapnya.

 

(Hms/RUDI PRASTIO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala BNPB Doni Monardo: Zonasi Risiko Covid-19 Daerah Laksanakan Pilkada Menurun

Jakarta, NetKepri.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan bahwa ada hal ...