Plt. Wali Kota Rahma Tinjau Kapal Hibah Dari Kemenhub RI

Kota Tanjungpinang (NetKepri)– Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meninjau kondisi kapal pelayaran rakyat (PELRA) hibah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, KM. Banawa Nusantara 64, yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Unggat, Rabu (13/5/2020).

Plt. Wali Kota, Rahma mengatakan rencananya kapal tersebut digunakan untuk mengangkut pelajar dari Pulau Penyengat ke Tanjungpinang. Selain itu, kita fungsikan sebagai kapal wisata untuk membawa wisatawan menjelajah sungai,  situs-situs sejarah, hingga pulau-palau seperti Terkulai dan Basing.

“Untuk konsep kapal wisatanya nanti disusun Dinas Pariwisata. Untuk anak sekolah di Dinas Pendidian. Sedangkan untuk pengelolaannya atau prosedur operasional kapal, kita serahkan ke BUMD karena menyangkut pemeliharaan. Tentu, butuh manajemen yang jelas,” tutur Rahma.

Dikatakan Rahma, anak-anak sekolah yang menaiki kapal ini akan di gratiskan dan ada asuransinya. Ia juga menginginkan kapal ini bisa didesain dengan ciri khas kota Gurindam. Supaya, kapal ini bisa menjadi potensi wisata yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang,” tambah dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto menjelaskan KM. Banawa Nusantara 64 ini diserahkan Kemenhub RI kepada Dinas Perhubungan kota Tanjungpinang pada 2019 lalu. Sejak saat itu belum di operasionalkan karena situasi pandemi Covid-19.

Kapal ini, kata Bambang, memiliki memiliki 24 seat, dengan kapasitas angkut lebih dari 24 penumpang, dan daya angkut barang 10 ton.

“Karena pandemi Covid-19, anak sekolah belajar dari rumah. Jadi, sementara kapal ini, kita sandarkan di pelabuhan Tanjung Unggat,” tuturnya.

Namun, sebelumnya, tambah Bambang, BUMD, Dinas Pendidikan, dan Pariwisata harus menyusun konsep dan saling koordinasi untuk teknisnya. Selanjutnya, kita lakukan MoU antara BUMD dengan pemko Tanjungpinang.

“Semoga pandemi Covid ini segera berakhir, sehingga kapal ini bisa dimanfaatkan secara optimal,” harap Bambang.

Saat peninjauan, Rahma juga didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Surjadi, Kepala Dinas Pendidikan, Atmadinata, dan Dirut BUMD, Fahmi.

(Hum.Diskominfo/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tinjau Jalan Rusak, Rahma bersama Warga Perumahan Merpati Putih Cari Solusi

Tanjungpinang, Netkepri – Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma,  S.IP didampingi Kepala Dinas PUPR Tanjungpinang, Zulhidayat Melakukan ...