LSM PATEN Minta PT. Singkep Tuah Persada Ganti Rugi Lahan Masyarakat Senayang Lingga

 

NETKEPRI.COM.TANJUNGPINANG – Ditengah Pandemi Virus Corona sampai saat ini aktifitas pertambangan Pasir silika dan kuarsa milik PT. Singkep Tuah Persada (STP) masih berlangsung di Pulau Sebangka, Desa Laboh, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Jum’at (10/4/20).

 

Depi Alfianto, Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Persatuan Pemuda Tempatan (PATEN) menyayangkan adanya aktifitas pertambangan pasir kuarsa dan silika ditengah pandemi corona virus saat ini.

 

Bukankah Pemerintah Pusat, Kapolri hingga Pemda sudah mengeluarkan maklumat dan himbauan untuk menerapkan social distancing, physical distancing dan penerapan sosial berskala besar, namun sepertinya hal itu tidak menjadi pedoman perusahaan terang depi.

 

“Sampai saat ini aktifitas pertambangan Pasir Silika dan Pasir Kuarsa masih beroperasi di Pulau Sebangka, desa laboh, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Ujar Depi.

 

Depi juga mengatakan, terkait pelaksanaan kegiatan pertambangan  PT.STP, ada hak atas tanah milik masyarakat desa laboh yang sampai saat ini belum di ganti rugi, bahkan katanya ada seseorang suruhan orang tertentu menerbitkan 15 surat sporadik diatas tanah milik masyarakat yang sudah bersertifikat.

 

“Langkah hukum untuk penyelesaian permasalahan ganti rugi sudah kami tempuh mulai dari polres sampaj ke polda, namun sampai saat ini belum terealisasi”, Pungkas Depi.

 

Untuk itu, sebelum ganti seluruh kerugian masyarakat atas tanah yang telah diekploitasi oleh PT.STP keluar negeri diselesaikan, kami berharap aparat penegak hukum dan dinas terkait dapat menghentikan seluruh aktifitas pertambangan di desa laboh, pinta Depi.

 

Kami dari LSM Paten Kepri dan Lsm Hitam Putih meminta pertanggungjawaban dan keseriusan  PT. STP untuk menyelesaikan seluruh permasalahan atas penggunaan lahan masyarakat seluas kurang lebih 50 Hektar agar dikembalikan kepada pemiliknya dalam keadaan baik tanpa bekas penggalian atau rusak.

Terkait permasalahan ganti rugi tanah masyarakat oleh PT. STP, NETKEPRI.COM mencoba menghubungi Humas PT. STP namun sampai saat ini belum memberikan komentar apapun
Terkait aktifitas PT. STP di Pulau Sebangka, desa laboh, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang, Oka Ahmad Setiawan menjelaskan, izin ekspor perusahaan tersebut sudah ada, bahkan mereka sudah 2 kali melaksanakan kegiatan Eksport.

 

“Post Tarif (HS) atas penamaan dan penomoran produk pertambangan PT.STP sudah diterbitkan dan mereka sudah di ijinkan untuk melaksanakan ekaport, Terang Oka. (Mad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kejati Dan DJBC Khusus Kepri Gelar Pemusnahan Ammonium Nitrate 532,9 Ton

Karimun, NetKepri.com – Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau bersama Kanwil DJBC Khusus Kepri melaksanakan agenda pemusnahan ...