Pendaftar Panwascam Meningkat, Bawaslu Tanjungpinang Harap Warga Berikan Tanggapan

Tanjungpinang,NetKepri – Antusias warga Tanjungpinang cukup signifikan dalam pendaftaran penerimaan Pengawas Pemilu Kecamatan yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menyampaikan total pendaftar Panwascam ada 83 orang, sementara pada saat Perekrutan Panwascam pada Tahun 2017 hanya berjumlah 36 orang.

“Artinya ada peningkatan sekitar 120% warga yang berminat sebagai penyelenggara pengawasan ditingkat kecamatan”, ungkap Zaini Kepada NetKepri.com melalui pesan Whatsaap, Kamis (23/12/2019).

Ia mengatakan 83 pendaftar tersebut terdiri dari jumlah 30 orang di Kecamatan Tanjung Pinang Timur, 15 orang Tanjungpinang Barat, 9 orang Tanjungpinang Kota dan 29 orang Bukit Bestari.

“Proses tahap akhir, yang akan direkrut 3 orang disetiap kecamatan, sehingga total 12 orang dari 4 kecamatan Se-Kota Tanjungpinang, yang akan mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau,”ujarnya

Zaini menambahkan pada tanggal 12-15 Desember dibuka tanggapan dan masukan masyarakat terhadap pendaftar tersebut, untuk memastikan pendaftar tidak terlibat dalam unsur politik (baik pengurus/anggota/tim kampanye/tim sukses).

Formulir tanggapan dapat diambil dikantor Bawaslu Kota Tanjungpinang atau bisa didownload di website www.tanjungpinangkota.bawaslu.go.id, lalu diantarkan langsung ke kantor atau dikirimkan melalui email Bawaslu.

“Kemudian proses tahapan selanjutnya untuk peserta pendaftar adalah ujian tertulis yang akan dilaksanakan tanggal 13 Desember,dengan sistem online socrative atau semacam CAT,”paparnya

Untuk diketahui juga Bawaslu Kota Tanjungpinang juga bekerjasama dengan KPU Kota Tanjungpinang dan Polres Tanjungpinang pinang untuk dilakukan tracking atau pengecekan, untuk memastikan pendaftar bebas dari dugaan unsur politik dan bersih dari dugaan rekam jejak catatan kriminalitas, dan lainnya.

Rudi Prastio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*