Menginjaknya Usia Kabupaten Karimun yang ke-20 Tahun

Tanjungpinang (NETKepri) – menginjak Usia yang ke 20 tahun kita rasa waktu yang cukup matang bagi pemerintah untuk melakukan perubahan yang cukup besar terhadap daerah Dengan merealisasikan visi misi melalui program kerja yang sudah disusun sedemikian rupa, Tetapi yang kita lihat justru jauh dari harapan yang diinginkan masyarakat. Tentu setiap masyarakat pasti memberi harapan kepada pemerintah daerah agar apa yang menjadi keinginan mereka terkait pemerataan pembangunan dapat segera terwujud.

Penerangan jalan merupakan salah satu urusan yang ditegaskan didalam Peraturan Daerah Kabupaten Karimun No.08 Tahun 2001 yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pemerintah daerah dan harus direalisasikan

Serta Pajak Daerah yang diatur didalam Peraturan Pemerintah No.56 Tahun 2001 ini telah diimplementasikan oleh kabupaten Karimun melalui Peraturan Daerah tentang Pajak Penerang Jalan. Tapi sampai hari ini kita belum bisa merasakan pemerataan penerangan jalan secara menyeluruh.

Di pulau Kundur sendiri masalah pemerataan lampu penerangan jalan masih begitu banyak, sebagai contoh pada jalur antara kecamatan kundur menuju ke Kecamatan Kundur Utara, kondisi LPJ (Lampu Penerang Jalan) yang belum merata ditambah lagi kondisi struktur jalan yang bergelombang membuat daerah ini rawan terhadap kecelakaan lalu lintas. Padahal jalan tersebut merupakan salah satu jalur lalu lalang yang banyak dilalui oleh masyarakat.

Salah satu contoh kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya Sei Sebesi yang terjadi pada 2017 silam yaitu di lokasi jalan Baran Paoh Kecamatan Kundur. Tabrakan terjadi antara kendaraan yang datang dari arah Tanjungbatu Kota dan Desa Sei Ungar. Pada saat terjadinya kecelakaan kondisi cuaca terbilang baik, karena kondisi jalan yang gelap dan berlubang ditambah lagi tidak adanya lampu penerang jalan sehingga menyebabkan kecelakaan yang tidak kita inginkan tak dapat dihindarkan, kondisi seperti ini akan terus terjadi jika tidak ada tanggapan serius oleh pemerintah daerah.

Hal ini tentu harus menjadi pertimbangan pemerintah daerah terlebih dahulu, mengingat jalur tersebut merupakan akses utama yang sering dilalui masyarakat, dan apabila tidak segera ditangani tentunya akan berpotensi terjadi kecelakaan secara terus menerus

Tidak banyak Harapan dari masyarakat kundur dibertambahnya usia kabupaten karimun yang ke 20 ini, hanya berpesan agar lebih sedikit memperhatikan lagi masalah kesenjangan pemerataan yang masih begitu terlihat jelas antara Kecamatan se Kabupaten karimun.

Untuk itu pemerintah daerah hendaknya mengambil langkah konkrit terkait pemerataan lampu penerangan jalan agar dapat segera terwujud di setiap daerah terkhususnya di pulau kundur sendiri yang merupakan daerah terbesar di kabupaten karimun.

Sehingga kejadian yang sama-sama tidak kita inginkan tidak terulang kembali dimasa yang akan datang. (Bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bawaslu Tanjungpinang Buka Pendaftaran Panwascam, Ini Tanggalnya

Tanjungpinang,NetKepri – Saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang sudah melakukan pengumuman tentang perekrutan ...