UMRAH Berazam Mengembangkan SDM Pariwisata

Tanjungpinang (NetKepri) – Rektor UMRAH Prof. Syafsir Akhlus mengatakan bahwa aspek Sumber Daya Manusia tidak kalah penting dalam pengembangan pariwisata. “Manusia lah yang menjaga dan membangun potensi pariwisata seperti alam, budaya dan seni. Juga memastikan putera daerah dapat menjadi pemain pariwisata di Kepulauan Riau.”

Hal ini disampaikan ketika membuka Seminar Daerah Membangun Kepariwisataan Kabupaten Bintan Berbasis Kemasyarakatan di Auditorium Kampus UMRAH Dompak, Rabu 11/9. Seminar ini diselenggarakan atas kerja sama Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMRAH dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bintan.

Hadir sebagai narasumber Ketua KADIN Bintan Edy R. Surbakti, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar, Ketua Asita Tanjungpinang Sapril Sembiring, Pengelola Pengudang Bintan Mangrove Iwan Winarto, dan Akademisi Pariwisata UMRAH Ady Muzwardy.

Ketua KADIN Bintan Edy R. Surbakti mengungkapkan komitmen KADIN Bintan untuk memastikan bahwa pariwisata memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. “Pariwisata merupakan sektor yang merupakan masa depan Kepulauan Riau, sehingga universitas seperti UMRAH akan kami gandeng untuk pengembangan SDM, khususnya bagi putera daerah.”

Dekan FISIP UMRAH Dr. Oksep Adhayanto mendorong kerja sama antara jurusan Hubungan Internasional FISIP UMRAH dengan KADIN Bintan. “Mayoritas pengelolaan pariwisata di Kepulauan Riau merupakan investasi asing, kemudian jumlah wisatawan asing yang datang juga masuk tiga besar di Indonesia, sehingga dimensi internasional ini masuk dalam ranah tri dharma Jurusan Hubungan Internasional. Kedepannya kami juga akan membuka jurusan pariwisata di FISIP UMRAH.” (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gejolak Kawasan Timur Tengah, Pemerintah Siapkan Berbagai Mitigasi

Jakarta, NetKepri – Kondisi geopolitik terkini, khususnya terkait gejolak di kawasan Timur Tengah, telah memberikan ...