KKN Umrah Sosialisasi Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah

Tanjungpinang (NETKepri) – Sebagai upaya menghindari beredarnya uang palsu, Mahasiswa KKN UMRAH melakukan sosialisasi CIKUR (ciri-ciri keaslian uang rupiah) kepada adik-adik SDN 014 Teluk Bintan.

Sosialisasi ini dibawakan langsung oleh Dini Desprianti selaku anggota GenBI (Generasi Baru Indonesia) Kepri yang juga sedang mengikuti KKN UMRAH di Desa Bintan Bekapur.

Cara mengenali uang asli dapat dilakukan dengan mudah, yaitu metode 3D. Dilihat, diraba, dan diterawang.

“Tidak hanya metode mengenali keaslian uang rupiah, dalam kegiatan ini kami rmenyampaikan cara merawat rupiah dengan metode 5J yakni Jangan dilipat, Jangan dicoret, Jangan distepler, Jangan diremas, Jangan basahkan” kata Dini Desprianti, pemateri CIKUR, Kamis (8/8/2019)

Peserta kegiatan sosialisasi ini adalah siswa kelas 1-6 SD. Mereka sangat antusias sekali, karena baru sekali ini diadakan di sekolah mereka. Dini (21) mengarahkan teman-teman KKNnya untuk membantu adik-adik mengeluarkan uangnya masing-masing dan melihat secara langsung ciri keaslian uang rupiah.

Tidak hanya dengan metode 3D, Dini juga membawa Money Detector yakni sinar ultraviolet untuk melihat keindahan uang rupiah. “wah ternyata cantik ya kak uang kita ini” ujar Pasha peserta CIKUR saat melihat uang Rp50.000 menggunakan Sinar UV.

“Saya hanya menjalankan tugas sebagai perpanjangtangan dari Bank Indonesia, saat KKN beginilah kesempatan besar untuk saya mengenalkan CIKUR kepada masyarakat terutama adik-adik sekolah ini agar sejak kecil mereka sudah mengenal rupiahnya sendiri” jelas Dini. (Bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sudah Kesana Kemari Mencari Titik Terang, Akhirnya Masyrakat Tirtomulyo Sepakat Melakukan Aksi

Tanjungpinang (NetKepri) – Pembahasan mengenai aksi sikap warga di kampung Tirtomulyo Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan ...