Berikut identitas Korban dan Sumber Api Kebakaran Di KMP Sembilang

Karimun (NETKepri) – Hari Rabu tanggal 31 Juli 2019 sekitar pukul 09.35 Wib terjadi kebakaran KMP. Sembilang yang sedang Docking di PT. Karimun Marine Shipyard (KMS) di Kelurahan Parit benut Kecamatan Meral barat Kabupaten Karimun.

Menurut keterangan Eko suprianto selaku kasi OPS SAR kelas A TanjungPinang melalui wawancara menyampaikan bahwa kejadian pukul 08.00 Wib yang sedang melakukan aktivitas perbaikan kapal KMP Sembilang yang docking tahunan

“Kronologis kejadian Pukul 08.00 Wib Subcon PT. Niko indah perkasa (NIP) Kapal sedang melakukan aktifitas perbaikan KMP. Sembilang yang sedang Docking di PT. KMS dan beberapa Subocon lain, PT. NIP bekerja di KMP. Sembilang khusus bagian Repair Kapal”ungkap Eko Suprianto pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2019

Pukul 09.35 Wib Saat pekerja PT. NIP sedang melakukan Pemotongan materil besi di bagian Dek dpn/haluan kapal dg menggunakan Las Acetelin (tabung gas) untuk pemotongan materil jenis besi KMP. Sembilang.

“Saat pemotongan, diduga percikan api dari Cuting (pemotongan) mengenai atau jatuh ke gudang material jenis Cat, tiner dan lain-lain yang mengakibatkan terjadi ledakan dan kebakaran” tambahnya pada hari Rabu (31/07)

Selanjutnya api menjalar ke seluruh bagian lantai 1, 2 dan 3 (anjungan) selanjutnya 8 Mobil pemadam kebakaran datang kelokasi kejadian secara berangsur terdiri dari Mobil Pemadam kebakaran Pemkab. Karimun 3 unit, PT. MOS 1 unit, PT. Saepem 2 unit, dan Lori Warga 2 unit.

“Pukul 12.30 Wib api dapat dipadamkan, namun asap kecil masih keluar dari dalam badan kapal”tambah Eko

Dari kejadian tersebut, terdapat 10 Orang korban jiwa mengalami luka bakar yang dibawa ke RS. Bhakti Timah Kelurahan Pamak Kecamatan Tebing.

IDENTITAS KORBAN
(RSBT Karimun)
1) Mardanis, 30th, Welder Piping (Karyawan PT. KMS), Islam, Parit Lapis Kel. Parit Benut
2) Deri darmadi,
3) Surja
4) M. Nur
5) Rahman, 20th, Plonter (KMP. Sembilang), Islam, Dabo Singkep
6) Solikun, 30th, Oliman (Bagian Mesin KMP. Sembilang), Islam,
7) M. Arsyad
8) Agung
9) Saparudin, 50th, Bosun (bagian Dek KMP. Sembilang), Islam, Padang
10) Firman Yahya, 25th, Masinis II (KMP. Sembilang), Islam.

Jumlah korban hingga saat ini
– Meninggal dunia : nihil
– Luka berat. : 10 orang
– Luka ringan : nihil

Kondisi Kapal 80 % bagian dalam kapal hangus terbakar. Perihal dugaan terdpat korban terjabak didalam, Kami msh puldata dilokasi, perkbangan sela jutnya akan Kami laporkan.

“Jumpah mobil pemadam kesuruhan 8 unit, namun melakukan pamadaman dg bbrp kali diisi air ulang dari PT. KMS di lokasi kejadian” jelasnya (Bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kebijakan Gubernur Untuk UMKM Lebih Makmur, Pinjaman di BRK Bunga 0 Persen

ADVETORIAl, NetKepri – Para pelaku UMKM Provinsi Kepulauan Riau mulai tanggal 13 Februari 2024 sudah ...