Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Dalam Pengelolaan Sampah

Tanjungpinang (NetKepri) – Diskusi umum terkait pentingnya pengelolaan bank sampah di kota tanjungpinang digelar bertempat di Aula Kelurahan Seijang. Kamis (4/9).

Diskusi ini digelar dengan tema pengabdian masyarakat, yang diselenggarakan oleh DR.Fitri Kurniningsih,M.SI, Dian Prima Safitri,M.AP, dan Edison, M.PA, Para pengelola unit – unit bank sampah se kota tanjungpinang, Anggota Komisi III DPRD Kepri Surya Makmur Nasution, mahasiswa dan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pelayanan bank sampah yang sudah ada dan upaya dalam mengoptimalkannya seperti di beberapa daerah lainnya. Selanjutnya, sebagai sarana untuk mengingatkan betapa pentingnya pengelolaan sampah di masyarakat, sehingga masyarakat dan stakeholder lainnya diminta untuk peduli dan tanggap.

Dian Prima Safitri yang juga sebagai salah satu dosen pengajar di kampus umrah, menjelaskan bagaimana kondisi sampah ditanjung pinang, kemudian membandingkan dengan pengelolaan sampah yang sudah berkembang didaerah-daerah lain Sebagai input untuk mengoptimalkan pelayanan Bank Sampah di Tanjungpinang

“Pemerintahlah yang sangat berperan penting dalam peningkatan pengelolaan sampah, Selain itu swasta pun ikut andil dengan memberikan bantuan untuk unit Bank sampah, maka, unsur Penta Helix sangat berperan penting dalam menciptakan pengelolaan sampah sehingga segala program-program sampah dapat terus berkembang dan berkelanjutan,” ujar Dian.

Selanjutnya, menanggapi jalannya diskusi yang sedang berlangsung, Surya Makmur menyampaikan agar diskusi terkait pengelolaan bank sampah jangan hanya berada di tingkat kota saja, di tingkat provinsi juga perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut terkait pengelolaan sampah di masyarakat, agar provinsi kepri terus terjaga dari kebersihan.

“Pengelolaan sampah ini harus dibicarakan oleh Gubernur untuk menjadi perhatian serius dan mengelolanya lebih baik lagi, karna ini juga merupakan tanggung jawab dan tugas pemerintah,” tambah Surya.

Masyarakat yang hadir dalam diskusi juga ikut memberikan respon positif terhadap diskusi yang dilaksanakan, tanya jawab terkait pengelolaan sampah yang baik juga mampu menjadi bahan diskusi yang menarik hingga berakhirnya waktu diskusi. (Red/Bud).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wanita Di Bawah Umur Di Setubuhi Oleh Orangtua Angkat Dan Pacarnya

    Tanjungpinang (NETKepri) – Bertempat di lobi Polres Tanjungpinang dilaksanakan Konferensi Pers Tindak Pidana ...